Balai POM Grebek Gudang Obat Ilegal di Mranggen

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY bersama Kejaksaan Tinggi DIY dan Polda DIY menggerebek gudang distributor alat kesehatan Cobra Dental di kawasan Mranggen Sinduadi Mlati Sleman, Rabu (14/9/2016) siang. Di gudang tersebut petugas menyita 77.000 kemasan obat anestesi lokal yang tidak memiliki ijin edar resmi dari pemerintah RI.

 

Kepala Balai POM DIY I Gusti Ayu Adhi Arya Patni mengatakan obat-obatan impor yang tertulis asal Mexico tersebut disita lantaran tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah. Hal tersebut dirasa sangat berbahaya mengingat obat yang ada di gudang yang sebenarnya berijin distributor alat kesehatan adalah jenis obat keras.

"Kami lakukan investigasi selama satu bulan terakhir dan akhirnya melakukan penyitaan hari ini. Obat-obatan ini tak memiliki ijin edar di Indonesia dan perusahaannya tidak punya ijin juga mengedarkan obat, hanya alat kesehatan, padahal jenis obatnya berbahaya," terangnya.

Dalam penyitaan tersebut ditemukan kurang lebih 77.000 kemasan obat dengan 10 jenis yang seluruhnya merupakan obat ilegal. Barang-barang tersebut langsung diamankan ke kantor BPOM DIY sembari menanti pengembangan kasus.

Sementara pemilik gudang belum dapat ditemui lantaran tak berada di lokasi saat penggerebekan. Beberapa karyawan termasuk penanggungjawab gudang pun tak bersedia memberikan komentar terkait penyitaan yang dilakukan Balai POM. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI