Bantu Ekonomi Keluarga, Pelajar SMA Nyambi Jualan Onde-Onde

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kalimat ‘Hidup Adalah Perjuangan’ benar-benar dialami oleh pelajar kelas 12, Terra Awang Semesta (17) warga Perum Kampung Asri Nomor 13, Pucanganom, Ngemplak Sleman ini. Untuk membantu keuangan keluarga, Awang berjualan onde-onde di sekolahnya. Meski harus membagi waktu antara mengenyam pendidikan dan membantu orangtuanya, Awang tetap bisa masuk rangking 10 besar di sekolahnya.

Pemuda yang mengenyam pendidikan di SMA Kolese De Britto Yogyakarta ini mengatakan, sebelum pandemi sudah mulai berjualan di sekolah. Saat masih duduk di bangku kelas 10, Awang biasa berangkat sekolah naik sepeda dari rumahnya. Waktu itu Awang belum berjualan di sekolah tapi membawa onde-onde buatan orangtuanya untuk dititipkan ke toko-toko. Setiap hari ia harus menempuh jarak sekitar 22 km untuk pulang pergi.

Setelah naik ke kelas 11, Awang mulai menawarkan onde-onde yang diberi nama Onde-Onde Cibus ini ke teman sekolahnya dan para guru. Menurut Awang, usaha onde-onde ini merupakan usaha keluarganya. Sehingga ia ingin membantu dan ikut berpartisipasi dalam usaha keluarganya. Sekaligus belajar untuk berwirausaha, karena kebetulan ia juga tertarik dengan dunia bisnis.

BERITA REKOMENDASI