Bantu Koperasi di Tengah Pandemi, Kemenkop UKM Perluas Program PEN

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB- KUMKM) terus melakukan perluasan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya untuk koperasi. Ini dilakukan untuk membantu koperasi agar bisa terus melayani/memberikan pinjaman kepada para anggotanya di tengah pandemi.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan selama pademi Covid-19 banyak koperasi yang mengalami masalah likuiditas akibat para nasabahnya (UMKM) tidak bisa mencicil pembayaran disebabkan penuruan omset. Untuk mengatasi masalah ini, maka pemerintah membuat restrukturisasi pinjaman/pembiayaan kepada koperasi mitra LPDB-KUMKM maksimal dalam jangka waktu selama 12 bulan.

Menurut Teten, Kemenkop UKM melalui LPDB-KUMKM menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun (Pemulihan Ekonomi Nasional) untuk pinjaman/pembiayaan koperasi, dengan bunga 3%. “Secara nasional, LPDB-KUMKM telah merealisasikan Rp 1 triliun atau sebanyak 100% untuk pembiayaan modal kerja koperasi dari target penyaluran PEN Rp 1 triliun per 30 September 2020,” terang Teten kepada wartawan di sela acara penyerahan modal kerja untuk koperasi di Jejamuran Resto Sleman, Minggu (6/12/2020).

BERITA REKOMENDASI