Banyak Padukuhan Berkaitan dengan Kraton

SLEMAN, KRJOGJA.com – Banyak padukuhan di Sleman yang berkaitan dengan Kraton baik Mataram, maupun Ngayogyakarta. Itu diketahui ketika Paguyuban Sastra dan Budaya Jawa (Pasbuja) Kawi Merapi Sleman, mendapat tugas dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman untuk menyusun buku toponimi padukuhan.

Hal ini dikemukakan Moderator Bedah Buku toponimi Padukuhan di Sleman, Tapak Pangeran di Bumi Merapi, Budi Sardjono di Puri Mataram Sleman, Kamis (11/11/2021). Budi Sardjono juga ikut menjadi narasumber, kemudian Ketua Pasbuja Sutopo Sgh, dan salah seorang penulis Sabatina Rukmi Widiasih menceritakan pengalamannya mencari data.

“Baru 30 padukuhan yang sudah ditulis, jadi masih ada 1.190 padukuhan di Sleman yang belum ditulis,” kata Budi Sardjono.

Menurutnya perlu segera dilakukan penulisan padukuhan yang ada di Sleman, mengingat banyak narasumber yang usianya sudah lanjut. Sementara sumber ceritanya tutur atau lisan, sedang kepala padukuhan sekarang umumnya generasi muda. Kalau tidak segera dilakukan pendokumentasian generasi berikutnya tidak tahu bagaimana cerita awal mula pedukuhannya.

BERITA REKOMENDASI