Bapak Ajak Dua Anaknya Lakukan Penipuan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sekeluarga terdiri bapak dan dua anaknya, ditangkap Polsek Depok Barat karena terlibat penipuan. Modusnya, keluarga yang berasal dari Bandung Jawa Barat ini, pura-pura pinjam HP korban untuk memesan makanan secara online.

Kapolsek Depok Barat Kompol Kompol Rachmadiwanto SH mengatakan, ketiga tersangka yakni SH (59) dan dua anaknya, LF (26) dan NA (20). “Mereka satu keluarga dan melancarkan aksinya dari hotel ke hotel, dari mal ke mal. Otak aksi penipuan ini adalah bapaknya dan sampai saat ini keterangan mereka masih kami dalami untuk pengembangan kasusnya,” ungkap Kapolsek, Senin (22/02/2021).

Kapolsek menjelaskan, terungkapnya kasus itu bermula dari laporan korban, Steven, asal Bandung, Jawa Barat yang kehilangan HP Xiaomi. Awalnya, antara korban dan para pelaku janjian bertemu di sebuah hotel wilayah Depok Sleman, untuk membicarakan bisnis, Rabu (17/02/2021) sekitar jam 11.05 WIB.

Sebelum bertemu, antara korban dengan pelaku sudah saling kenal melalui media sosial. Di tengah obrolan, pelaku pura-pura meminjam HP korban untuk pesan minuman online. Setelah pesanan datang, pelaku mengambil minuman di depan hotel dengan membawa HP milik pelapor.

Setelah ditunggu beberapa saat lamanya, para pelaku tidak kunjung kembali, sehingga korban berusaha melakukan pencarian. Namun karena tidak membuahkan hasil, korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Depok Barat. Dua hari kemudian, petugas dipimpin Kanit Reskrim Iptu Mahardian Dewo dan Panit Iptu Mateus Wiwit berhasil mengamankan pelaku.

“Ketiganya diamankan saat berada di sebuah hotel yang dijadikan tempat untuk menginap. Mereka kami kenakan Pasal 378 KUHP,” pungkasnya. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI