Barang-Barang Ber-SNI Bakal Dipamerkan di JCM

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 tidak semestinya dilihat hanya dari satu sisi sebagai musibah. Situasi ini terkadang malah menuntut kita untuk berinovasi, kreatif, dan produktif dengan tetap menjalani hidup sehat dan beradaptasi dengan cara hidup yang baru.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar Indonesia Quality Expo (IQE) ke-8 pada tanggal 12 hingga 15 November 2020 di Jogja City Mall (JCM). BSN mendorong kebangkitan ekonomi terutama semangat Usaha Mikro dan Kecil (UMK) untuk lebih produktif dan inovatif di tengah pandemi yang saat ini masih belum sepenuhnya teratasi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri mengatakan penyelenggaraan IQE 2020 di Yogyakarta adalah sebuah gagasan untuk mempertemukan pemangku kepentingan untuk bertukar informasi dan bertransaksi baik secara offline maupun online. “IQE di Yogyakarta juga merupakan bentuk apresiasi kami kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atas komitmennya dalam mengembangkan dan menerapkan SNI,” ungkap Zul, Selasa (10/11/2020).

Zul menambahkan, penyelenggaraan IQE tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni dengan penerapan protokol kesehatan, memadukan promosi luring dan daring. Produk unggulan seperti makanan dan minuman, produk perikanan olahan, mainan anak, emas/logam mulia dan masih banyak lagi yang sudah mengantongi SNI baik SNI produk atau SNI sistem manajemen akan dihadirkan ke JCM.

“IQE nanti juga memamerkan sepeda listrik merk Volta produksi PT Volta Indonesia Semesta, dan informasi tentang wisata dari PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Candi Boko (TWC), serta layanan bandara dari PT Angkasa Pura 1. IQE ke-8 diikuti oleh 12 instansi baik dari pemerintah maupun swasta yang mengisi 30 unit stand dengan ukuran 3 x 3 meter persergi/stand pameran menampilkan produk unggulan ber- Standar Nasional Indonesia (SNI) dan standar internasional serta informasi mengenai penilaian kesesuaian (lembaga sertifikasi, laboratorium, dan lembaga inspeksi),” sambung dia.

Sementara Kepala Bagian Humas BSN, Denny Wahyudi menambahkan di masa pandemi ini pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan acara. BSN berharap, produk yang ditampilkan bisa membawa inspirasi dan manfaat bagi masyarakat serta mendorong para pemilik produk menyetandarkan kualitas sesuai SNI. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI