Bareng Igor Saykoji, 500 Mahasiswa ‘Hijaukan’ Candi Prambanan

SLEMAN, KRJOGJA.com – 500 mahasiswa dari berbagai kampus di DIY menyemut di kawasan Candi Prambanan Rabu (26/6/2019) siang. Mereka bergabung dalam gerakan #SiapDarling kependekan dari Siap Sadar Lingkungan yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk melakukan penanaman pohon di kompleks candi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut.

Para mahasiswa disebar mengelilingi kompleks Candi Prambanan. Mereka diberi tugas menanam satu pohon mulai Pulai, Tanjung, Sawo Kecik, Bodhi, Nagasari, Kepel, Keben dan Maja yang bibitnya diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus Jawa Tengah.

Kegiatan yang diberi tajuk khusus Candi Darling tersebut turut menghadirkan artis ibukota untuk mengkampanyekan cinta lingkungan mengurangi dampak pemanasan global. Youtuber Andovi da Lopez dan rapper Igor Saykoji ikut serta menanam pohon bersama para mahasiswa DIY.

Igor sendiri sempat mengungkap ketertarikan ikut dalam agenda penanaman pohon di Candi Prambanan. Bagi dia yang memiliki anak yang mulai beranjak remaja, isu menjaga lingkungan cukup menjadi konsern bahan obrolan yang harapannya bisa disuarakan secara lebih luas.

“Saya kemarin bikin lagu judulnya Plastik kolaborasi bareng anak karena muncul keresahan dan pertanyaan tentang bagaimana plastik itu karena ternyata kita ada di nomor dua teratas pengguna plastik di Asia. Saya kira pas sekali kemudian saya terlibat dalam penanaman pohon yang ujungnya sama, menjaga lingkungan kita tetap oke kedepan,” ungkap rapper bernama asli Ignatius Rosoinaya Penyami ini di sela acara.

Igor mengaku sebenarnya berniat mengajak dua anaknya yakni Aaron dan Anezka untuk ikut langsung dalam penanaman pohon di situs bersejarah bangsa Indonesia tersebut. Namun, kesibukan anak yang menanti masa sekolah selepas menamatkan SD membuat niatan tersebut urung diwujudkan.

“Mungkin apa yang saya dapat hari ini bersama teman-teman milenial, mahasiswa di Jogja akan saya tularkan ke anak-anak saya. Ada harapan besar menurut saya, kita memiliki lingkungan yang lebih baik di masa depan,” imbuh dia.

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menambahkan gerakan SiapDarling sendiri memang diinisiasi sebagai aksi nyata menambal jejak-jejak kerusakan pada bumi. Generasi milenial diajak serta sebagai bagian dari menularkan kebiasaan baik yang nanti tertanam ke kehidupan mereka kedepan.

“Kami mulai sejak tahun 1979 dan sudah 2 juta pohon tertanam hingga saat ini. Kami terus berkomitmen menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dengan apa yang kita punya, salah satunya di situs Candi Prambanan ini melalui penanaman pohon,” ungkapnya.

Sementara Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY Dra Zaimul Azzah M Hum mengatakan paling tidak ada 2,4 juta wisatawwn datang selama tahun 2018 lalu. Bahkan pada libur Lebaran 2019 lalu tercatat 50 ribu pelancong datang untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga di Kompleks Candi Prambanan.

“Kami turut berharap, adanya penanaman pohon di kompleks Candi Prambanan ini bisa menginspirasi pengunjung untuk melakukan hal serupa di tempat tinggalnya masing-masing. Di sisi lain, dengan semakin hijaunya situs ini maka rasa semakin sayang dan cinta pada peninggalan sejarah kami harapkan akan semakin terpupuk,” tandas dia. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI