BAZNAS Sleman Salurkan 1.000 Paket Sembako

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dalam upaya penanggulangan Covid-19 dan menyongsong datangnya bulan Ramadan 1441 H, BAZNAS Kabupaten Sleman melakukan pembagian 1.000 paket sembako Ramadan melalui pemberdayaan kelompok tani dan UMKM serta penyerahan secara simbolis bantuan bedah rumah dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sleman di Masjid Baitul Faizin Gamping Lor Ambarketawang Gamping Sleman, Senin (20/04/2020).

Ketua BAZNAS Kabupaten Sleman, Drs H Kriswanto MSc mengungkapkan, dampak dari wabah Covid-19 juga memengaruhi masyarakat dalam memprsiapkan bulan Ramadan. “Sehingga untuk meringankan beban fakir miskin, BAZNAS Kabupaten Sleman memberikan bantuan paket sembako secara bertahap,” ujarnya disela-sela pemberian paket sembako.

Disebutkan, untuk pemberian paket sembako total ada 3.000 paket. Tahap pertama bulan April saat ini ada sebanyak 1.000 paket dengan nilai Rp 150.000/paket disalurkan ke 100 masjid di 17 kecamatan melalui penyuluh Agama Islam Fungsional Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Sementara bulan Mei akan disalurkan 2.000 paket sembako untuk disabilitas, mualaf dan kelompok sosial yang menjadi mitra BAZNAS. Selain itu juga akan diberikan tali asih bagi kaum rohis se-Kabupaten Sleman dan bantuan sarana PHBS untuk lembaga pendidikan.

Bantuan tersebut berasal dari Kelompok Tani Lumbung Pangan “Dewi Sri” Gamping berupa Beras Sleman sebanyak 3 ton, gula pasir 1 ton dari Kelompok Wanita Tani “An Naba”, abon ayam 250 kg dari UKM “Karunia Semesta”. Lalu bantuan 1.000 paket tempe kering dari Mitra Binaan BAZNAS Sleman, 1.000 masker dari industri rumahan mustahik Mitra BAZNAS Sleman serta 1.000 paket terdiri dari minyak, biskuit, mie kering, sabun dan lain sebagainya.

Sebelumnya, BAZNAS Sleman pada Maret 2020 telah memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang diserahkan melalui Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) senilai Rp 21 juta dan cairan disinfektan untuk 200 masjid di Sleman. “Bantuan ini dilakukan untuk membantu pemasaran bagi kelompok tani, kelompok industri kecil rumahan dan pedagang kecil seperti warung yang mengalami penurunan karena Covid-19. Harapannya bantuan ini juga bermanfaat bagi fakir miskin dan kelompok tani, UKM dan warung yang menjadi mitra BAZNAS Sleman agar usahanya bangkit kembali,” tegas Kriswanto.

Sementara Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSi menyatakan, pihaknya menyambut baik BAZNAS Sleman melakukan pembagian sembako sebagai salah satu upaya penanggulangan Covid-19 dan menyongsong bulan suci Ramadan. Dengan bantuan tersebut diharapkan akan meringankan beban kepada duafa, fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. (Usa)

BERITA REKOMENDASI