Bea dan Cukai Yogyakarta Sita 2,9 Juta Batang Rokok Ilegal

SLEMAN, KRJOGJA.com – Peredaran rokok ilegal senilai Rp 1 miliar lebih, digagalkan petugas Bea dan Cukai Yogyakarta. Rokok tanpa pita cukai sebanyak 2.976.000 batang itu, diamankan dari sebuah truk saat melintas di Jalan Yogya-Solo, belum lama ini.

Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang menjelaskan, awalnya petugas mendapat informasi adanya rokok ilegal dari Jawa Timur menuju Jawa Barat, melewati Yogya. Saat dilakukan pemeriksaan, didapati muatan truk adalah rokok polos tanpa pita cukai. “Mereka surat jalannya membawa kerupuk, namun setelah tumpukan karton dibuka, ternyata semuanya berisi rokok. Saat diperiksa, rokok sebanyak 2,9 batang itu tanpa dilengkapi pita cukai,” ungkap Hengky, Rabu (29/9/2021).

Dari pengakuan sopir, didapatkan keterangan jika rokok itu akan dibawa ke daerah Sumatera dari Malang, Jawa Timur. Hanya saja, pengemudi mengaku tidak mengetahui jika barang yang ia bawa adalah rokok ilegal. Menurut Hengky, sindikat jaringan rokok ilegal makin canggih dalam aksinya. Bahkan, mereka juga menggunakan jaringan terputus, sehingga petugas kesulitan dalam mengungkap atasnya. Jutaan batang rokok ilegal itu, oleh petugas kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar.(Ayu)

BERITA REKOMENDASI