Bekraf Targetkan 150 Startup Baru

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menargetkan 150 startup baru hingga akhir tahun 2018 yang bersaing dalam industri 4.0. Salah satu caranya dengan terus memberikan kesempatan mengembangkan diri melalui agenda Bekraf Developer Day seperti yang dilaksanakan di Sheraton Hotel Yogyakarta Sabtu (03/11/2018).

Hari Santosa Sungkari, Deputy Infrastruktur Bekraf mengatakan, pihaknya menggelar Developer Day untuk kali keenam di seluruh wilayah Indonesia. Yogyakarta dipilih dengan alasan banyaknya kreativitas anak-anak muda yang diharapkan mampu berkembang kedepan.

"Ada tidak kurang dari 1.200 peserta dari Yogyakarta dan sekitarnya. Kami pertemukan peserta dengan platform teknologi digital seperti Dicoding, Google, Samsung, IMB, Microsoft, Alcatel, Line, Tokopedia hingga Go-jek. Harapannya para peserta ini mendapatkan banyak inspirasi dan semangat mengembangkan startup,” ungkapnya.

Di tahun 2018 ini, paling tidak hingga akhir Desember mendatang Bekraf menargetkan 150 startup muncul di Indonesia dalam berbagai bidang khususnya aplikasi, game, web serta internet of thing. “Namun selain itu kita juga kejar munculnya aplikasi bidang keuangan, pertanian, pendidikan dan kesehatan dan sektor tersebut yang juga akan menjadi prioritas Bekraf,” sambungnya.

Deny Prasetyo, Senior Engineer Go-Jek Indonesia (Go-Pay Division) yang menjadi salah satu pembicara menambahkan bahwa saat ini perusahaan IT bukan lagi membutuhkan hal-hal mahal seperti gedung untuk berkantor. Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya mendevelope berbagai hal sesuai kebutuhan masyarakatlah yang menjadi nilai plus keberhasilan sebuah perusahaan.

Di sinilah menurut Deny, Go-Jel memberikan peluang pada developer yang bisa menciptakan startup untuk menjalin kerjasama produk startup dengan perusahaan IT seperti Go-Jek. "Kita bukan lagi startup, namun perusahaan IT yang bisa memberikan peluang untuk bekerja sama dengan para developer untuk menciptakan aplikasi baru yang sangat dibutuhkan oleh Go-Jek. Kami ikut dorong teman-teman berkreasi nyata,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI