Bela Negara, Pancasila Saring Pengaruh Globalisasi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Di era globalisasi peran Pancasila sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia. Adanya globalisasi batasan-batasan diantara negara seakan tidak terlihat. Sehingga generasi muda harus.benar-benar cinta tanah air dan bangsanya untuk Bela Negara.

“Semangat bela negara berlandaskan Pancasila bisa menyaring pengaruh negatif globalisasi,” tegas Danrem 072 Pamungkas Brigjen Puji Cahyono SIP dalam sambutan yang dibacakan Inspektur Upacara Pasi Komsos Korem 072 Pmk Kapten Chb Timotius dalam Apel Komunikasi Kebangsaan dan Bela Negara di Desa Wisata Ledok Sambi Pakembinangun Pakem, Rabu (11/05/2022).

Danrem menegaskan melalui apel kebangsaan dan bela negara yang diselenggarakan Himpunan Putra-putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Provinsi DIY diharapkan bisa mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara, ideologi nasional, falsafah atau pandangan hidup bangsa, kepada seluruh komponen masyarakat.

Lebih lanjut Ketua Umum Hipakad, H Isfan Fajar Satrio MM usai pembukaaan acara menyampaikan apresiasi dan kebanggaan dengan keaktifan Hipakad DIY melakukan transfer mendidik diri dalam pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negara. “Menumbuhkan semangat rasa cinta tanah air, mencintai keutuhan tanah air dan bangsa, dan siap melindungi NKRI,” tegas Isfan.

Dengan kegiatan ini, maka anggota dan pengurus Hipakad DIY bisa mengetahui posisi dan potensi masing-masing sebagai warga negara yang cinta tanah air dan bangsa. “Kita masing-masing bisa menyumbangkan semangat kecintaan pada negara untuk membangun dan membentengi dari musuh dengan wawasan kebangsaan bela negara,” tegas putera dari mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno ini.

Didampingi Ketua Hipakad DIY Sonny Sugeng Harsono ST dan Seksi Acara Yudistira, disebutkan kegiatan yang diikuti 600 peserta ini mendapat dukungan dari Korem dan Kodim. Bekerja sama dengan DPD Hipakad Jawa Timur dan DPD Hipakad Jawa Tengah. “Kegiatan dengan tema Penerapan Nilai-nilai wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Era Milenial berlangsung dengan penyampaian materi dan kegiatan outbond hingga sore hari,” jelasnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI