Berburu Kaktus di ‘Indonesian Cactus and Succulent Festival 2019’

Editor: KRjogja/Gus

Ratusan pot kaktus dan sukulen terpajang rapi di Atrium Shinta Sleman City Hall dalam  pameran Indonesian Cactus and Succulent Festival. Acara yang berlangsung selama dua hari (7-8) Desember 2019 dikuti sekitar 30 both yang menampilkan berbagai jenis tanaman kaktus, sukulen, dan souvenir.

Hari pertama pameran, respon masyarakat sangat luar biasa. Terlihat dari banyaknya pengunjung mall yang menyerbu stand pameran, sebagian pengunjung tampak ada yang sekedar melihat-lihat namun adapula yang memang antusias untuk berburu tanaman kaktus idamannya.

Terselenggaranya pameran ini bertujuan untuk mengenalkan tanaman kaktus kepada masyarakat luas.  Menurut ketua penyelenggara Indonesian Cactus and Succulent Festival 2019 Hahan Nuralim, “saat ini masyarakat hanya sebatas mengenal kaktus sebagai souvenir, padahal kaktus sendiri variannya sangat banyak. Dengan adanya pameran ini kaktus bisa diterima oleh masyarakat dan bertambah penggemarnya.”

Dalam pameran ini pengunjung bisa memilih aneka jenis kaktus dan sukulen dengan harga yang bervariasi. Kaktus yang dipamerakan dibanderol harga mulai dari Rp15000 hingga puluhan juta rupiah. Tidak luput dari perhatian pengunjug, salah satu stand berasal dari Jawa Timur yang memamerkan kaktus langka seharga Rp 60 juta. Arif sang pemilik mengungkapkan, “ kaktus semakin langka semakin mahal, tidak hanya itu saja usia kaktus juga dipertimbangkan”.

Arif juga menjelaskan, “yang dimaksud dengan kaktus langka adalah kaktus yang perkembangbiakannya susah, ukuran juga sangat berpengaruh. Ada kaktus yang pertumbuhannya lambat, kaktus semacam ini umumnya harganya lebih mahal.”

“Untuk harga Rp 20 juta, umurnya bisa mencapai puluhan tahun,” jelasnya kemudian. Arif juga mencontohkan jenis kaktus yang langka dan mahal, kaktus jenis Gimnocalycium yang harganya bisa mencapai Rp 60 Juta hingga ratusan juta rupiah. Kaktus ini banyak diminati oleh kolektor luar negeri namun termasuk jenis langka.

Menurut Arif pemeliharaan tanaman kaktus tergolong mudah, “intinya jangan terlalu banyak air dan usahakan di tempat yang terang, akan lebih bagus lagi kalau mempunyai green house”.

Festival ini tidak hanya menghadirkan pameran saja namun juga terdapat berbagai macam kegiatan menarik seperti kontes kaktus dan sukulen, lelang, dan juga workshop. Acara ini juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat mengenai seluk beluk kaktus dan sukulen, mulai dari penanaman, perawatan, hingga yang ingin berorientasi pada pertanian.(KN)

BERITA REKOMENDASI