Berdurasi 2 Menit, Gemuruh Letusan Merapi Kagetkan Warga

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Letusan Gunung Merapi yang terjadi pagi ini cukup mengagetkan warga khususnya diwilayah lereng merapi. Letusan Gunung Merapi pagi ini juga diiringi dengan suara gemuruh yang cukup keras terdengar warga. 

Letusan ini dapat terpantau dengan jelas karena saat ini cuaca di wilayah Yogyakarta cukup cerah. Tingginya kolom membuat letusan ini dapat terpantau dari jarak yang cukup jauh. 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan, Gunung Merapi meletus sekira pukul 08.20 WIB.

"Amplitudo maksimum 77 mm durasi 2 menit, dengan tinggi kolom 6000 m arah Barat Laut. Saat ini letusan sudah selesai," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Jumat (1/6/2018).

Ia pun meminta kepada masyarakat diharap tetap tenang, dan jangan panik. "Untuk kalian yang bermukim di wilayah Barat Laut Merapi untuk menyiapkan diri terhadap hujan abu vulkanik dengan cara gunakan masker, kacamata, penutup kepala, jaket dan hindari aktivitas di luar ruangan. Status Waspada," pungkasnya. (*/okz)

BERITA REKOMENDASI