Beri Layanan Terbaik, Sultan HB X Resmikan Gedung Baru Bank BPD DIY Syariah

SLEMAN, KRJOGJA.com – Perbankan syariah memiliki modal signifikan untuk bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Bank syariah memiliki kelebihahan tersendiri jika dihadapkan pada kondisi seperti saat ini. Agar bisa melayani nasabah syariah lebih baik lagi, Bank BPD DIY meresmikan gedung baru Bank BPD Syariah di Jalan Magelang Km 5,5 Sinduadi Mlati Sleman, Selasa (27/10).

Gunernur DIY Hamengku Buwono X menyatakan, dari data yang ada, perbankan syariah menunjukan kemampuan daya tahan lebih baik daripada bank konvensional saat dihadapkan pada kondisi pandemi seperri saat ini. Menurut Sri Sultan, dari sisi pembiayaan perbankan syariah tumbuh lebih besar dibandingkan pertumbuhan kredit perbankan konvensional. Hal ini didukung pertumbuhan dana pihak ketiga yang tinggi.

“Dengan keterpurukan sektor finansial global perbankan syariah menunjukkan karakter yang tangguh bencana. Bahkan beberapa bank sudah mengembangkan layanan digital yang lebih baik, sehat dan kuat daripada bank konvensional,” ungkap Sultan saat peresmian Gedung Bank BPD Syariah, Selasa (27/10).

Kenyataan ini, lanjut Sultan, menandakan bahwa performa bank syariah di Indonesia memiliki sentimen positif dan prospek yang optimis. Sri Sultan menilai, pembangunan gedung Bank BPD DIY Syariah ini juga merupakan kejelian dari jajaran direksi dalam menangkap peluang tersebut. “Kehadiran Bank BPD Syariah ini memberikan alternatif pilihan yang variatif bagi konsumen syariah. Dengan misi dan harapan itulah saya menyambut baik dan memberikan apresiasi pembangunan Gedung Bank BPD Syariah,” tandas Sultan.

 

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad menerangkan, Bank BPD DIY Syariah berdiri sejak 19 Februari 2007. Hingga saat ini terus berkembang dengan memiiki 1 Kantor Cabang, 6 Kantor Cabang Pembantu, 3 Kantor Kas dan 1 Payment Point. “Bank BPD DIY didukung dengan 38 Kantor Layanan Office Chanelling. Bank BPD DIY Syariah merupakan Bank Syariah dengan kantor layanan terbanyak di DIY,’ tutur Santoso Rohmad.

Santoso Rohmad mengungkapkan, kinerja Bank BPD DIY Syariah per September 2020 di tengah pandemi Covid-19 memilikk pertumbuhan aset sebesar Rp 1,311 miliar, pembiayaan sebesar Rp 753 miliar, penghimpunan dana sebesar Rp 566 milyar dan laba Rp 34 miliar. Sedangkan jumlah nasabah dalam hal pembiayaan sebanyak 3.703 nasabah dan dana 32.031 nasabah. “Dengam dukungan nasabah dan mitra Bank BPD DIY sehingga Bank BPD DIY Syariah dapat tumbuh dan berkembang memberikan kontribusi untuk DIY,” imbuh Santoso.

Gedung baru ini dibangun di atas tanah seluas 2.186 meter persegi dengan puas bangunan 1.110 meter persegi. Pembangunan gedung baru ini memakan waktu 5 bulan dan menelan biaya Rp 4,832 miliar. Santoso menekankan, dengan adanya gedung baru ini menjadi semangat baru. Selain itu gedung baru ini sangat representatif memberi motivasi dan semangat dalam melayani. Bank BPD DIY Syariah juga terus berkomitmen memberi layanan terbaik kepada nasabah dan masyarakat DIY.

Dalam layanannya, Bank BPD DIY Syariah melayani semua kalangan (inklusif). Santoso mengungkapkan, layanan Syariah berbasis teknologi digital siap melayani masyarakat. QRIS untuk masjid dan Lazis, Sedekah semakin mudah dengan Mobile Banking. Hingga layanan Cash Management System CMS untuk sekolah sekolah di bawah koordinasi Kementerian Agama DIY. “Kami berterimakasih kepada Kemenag DIY yang menjadi mitra Bank BPD DIY dalam mewujudkan digitalisasi transaksi yang diwujudkan dalam PKS,” tandas Santoso.

Dalam perkembangannya, Bank BPD DIY Syariah telah menorehkan prestasi. Yakni penghargaan dari Majalah Infobank, As Sharia with Predicate EXCELLENT In Financial Performmance Throughout 2018 Sharia Business Unit (Sharia Awards 2019). Selain itu juga berhasil meraih penghargaan dari Majalah Investor kepada PT BANK BPD DIY sebagai (Best Syariah 2019). Bank Syariah Terbaik 2019 katagori Unit Usaha Syariah di bawah Rp 5 Triliun. Penghargaan dari Majalah Investor Bank Syariah Terbaik (Best Syariah 2020) kategori modal di bawah Rp 2 triliun di tahun 2020.

“Bertepatan dengan hari ini Bank BPD DIY Syariah menerima dua Penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah Infobank The Best Asset Quality Sharia Buseness Unit Commercial Bank 2020 dan The Most Efficient Sharia Business Unit Commercial Bank 2020,” kata Santoso.

Selain Gedung Bank BPD DIY Syariah di Jalan Magelang, Bank BPD DIY menambah layanan syariah di Universitas Ahmad Dahlan. Pada kesempatan ini Bank BPD DIY Syariah juga melakukan penandatanganan MoU dengan Kanwil Kemenag DIY tentang pembukaan rekening madrasah di bawah Kemenag. Selain itu juga penandatanganan MoU dengan Dewan Masjid Indonesia tentang Digitalisasi Masjid.(Aha)

BERITA REKOMENDASI