Berkat Inovasi Mengupas Kerang Hijau, Mahasiswa ITNY Raih AMW 2020

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali meraih juara 3 lomba karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional Airlangga Maritime Week (AMW) 2020). Ketiga mahasiswa ITNY itu, Agung Prakoso Wicaksono, Gita Deriyansa dan Unggul Prabowo dengan menampillkan karya ilmiah berjudul ‘Inovasi Teknologi Tepat Guna Mengupas Kerang Hijau untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia’.

“AMW 2020 merupakan kompetisi tahunan berskala nasional yang rutin diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlanga – Surabaya, Minggu 25 Oktober lalu,” kata Ketua Tim ITNY, Agung Prakoso Wicaksono , Jumat (30/12/2020).

Menurut Agung Prakoso, bentuk inovasi yakni membuat mesin pengupas kerang yang ramah lingkungan dengan nama ‘Parang Pedas’. Ide pembuatan alat ini muncul setelah melihat praktik pengupasan kerang secara manual yang sering membuat tangan terluka karena terkena pengupas yang berujung tajam, juga terkelupas terkena air panas. “Alat ini dibuat agar lebih aman, namun tetap fungsional, terdiri dari sebuah tungku silinder untuk merebus kerang serta wadah pengupas,” ucapnya.

Keistimewaan alat ini adalah keberadaan rangka sepeda yang dapat dikayuh untuk menstransfer torsi kayuhan ke poros tungku silinder. “Jadi pengupas tidak perlu terlalu lama duduk pada saat mengupas kerang,” katanya. Selain itu, alat ini dibuat dengan memanfaatkan limbah dari drum bekas sehingga bisa dibilang alat ini ramah lingkungan.

BERITA REKOMENDASI