Bisnis Puding Bunga Telang Prospeknya Menjanjikan

Editor: Ivan Aditya

BUNGA TELANG warnanya indah, tanaman merambat ini mudah dibudidayakan. Selain warna bunganya yang menawan, ternyata bunga telang juga berkhasiat untuk kesehatan. Beberapa manfaat untuk kesehatan dari bunga telang adalah, meningkatkan imunitas, menurunkan darah tinggi dan melancarkan sirkulasi darah, mengurangi stres, juga sebagai pewarna alami yang aman bagi makanan atau minuman.

Bagi Lettytia warga Jl. Sabirin no 23 Kotabaru, Yogyakarta yang punya kegemaran masak-memasak, membuat snak dan puding memanfaatkan waktu luang. Bunga telang menjadikan inspirasi tersendiri, yakni membikin puding bunga telang. Untuk tumbuhan bunga telang, ia budidayakan sendiri di lahan pekarangan rumahnya, sedangkan kalau membutuhkan dalam jumlah banyak terpaksa memesan kepada suplier tanaman herbal yang ada di Yogyakarta.

“Saya ingin mengaplikasikan bunga telang yang banyak manfaat untuk kesehatan, dijadikan makana olahan yakni puding,” ujarnya seperti pada pesan WhatsApp (WA) kepada Sri Purwatiningsih SE MAcc Ak Ca Event Organizaton (EO) dari Sinergi Usaha Nusantara (SUN) perkumpulan komunitas UMKM di DIY, dilanjutkan kepada KR.

Lettytia membuat puding dengan dua macam proses dari bunga telang, dengan bahan bunga telang yang telah dikeringkan dan yang masih segar untuk hiasannya. Rasa dari bunga telang yang khas, membuatnya banyak inovasi dalam memadukan rasa. Perpaduan bunga telang dengan rasa buah leci dan keju, membuat puding bunga telang buatannya menjadi unik dengan rasanya. Juga kenyal dari dari gelatin yang khas membuat lezat, sehingga sangat disuka dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk harga, Lettytia mematok butterfly pea puding ukuran diameter 18 tinggi 8-9 cm Rp. 195.000. Selama ini penjualan masih bergantung pemesanan, sehingga produksinya masih fluktuatif setiap bulannya. Namun bisa di rata-rata setiap bulan di luar hari raya antara 6-7 loyang, disamping kalau ada order dadakan.

“Yang terang saya optimis puding bunga telang prospeknya menjanjikan, disamping unik dan belum banyak diproduksi sangat disukai semua kalangan sejak anak-anak hingga orang dewasa,” tambah Lettytia.

Disamping membuat puding bunga telang, Lettytia juga membuat aneka snack dan dessert. Modal awal sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000 dengan perlengkapan masak seadanya dan tenaga sendiri, namun seiring perkembangan waktu kini beberapa peralatan masak sudah diperbarui, modal bertambah dan pengemasan produk lebih baik. Omset per bulan rata-rata Rp. 2 -3 juta, kalau bersamaan hari Lebaran bisa Rp. 6-7 juta dengan segmen pasar menengah ke atas, usia dari 7 -60 tahun. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI