BNP2TKI Siap Pulangkan Ratusan TKI Ilegal

YOGYA (KRjogja.com) – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) siap memulangkan ratusan Tenaga Kerja Ilegal (TKI) ilegal yang diamankan polisi di Batam. TKI tersebut kedapatan ingin kerja di Malaysia.

"Secara bertahap akan kita pulangkan ke daerah asal mereka masing-masing. Dari ratusan TKI ilegal tersebut, didominasi dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," kata Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro saat ditemui di Yogyakarta, Kamis (4/8).

Menurutnya, ratusan TKI tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian saat diperiksa petugas. Saat diperiksa, kebanyakan ingin ke Malaysia untuk bekerja. Padahal untuk kerja di luar negeri, tetap harus mengurus dokumen keimigrasian.

Dalam kesempatan Agusdin juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri sebagai TKI, harap melalui jalur yang telah ditetapkan.  Mereka juga harus melengkapi dokumen dan persyarakat dengan benar.

"Tanpa dokumen lengkap, otomatis masalah sudah ada di depan mata. Itu yang terus-terusan kami himbau. Jangan tergiur oleh bujuk rayu pihak yang tidak bertanggungjawab," tegasnya.

Seperti diketahui, aparat kepolisian di Batam berhasil menggagalkan rencana pengiriman 230 TKI ilegal. Mereka hendak berangkat ke negara tujuan, yakni Malaysia. (Awh)

 

TKI

BERITA REKOMENDASI