BNPB Pantau Langsung Gunung Merapi, Mau Apa?

Selain itu, dikunjungan tersebut BNPN juga meninjau prilaku kesiapsiagaan masyarakat Sleman dalam pencegahan Covid-19.

Sementara itu Sri Purnomo menjeleskan kunjungan terebut sekaligus berkordinasi bersama BPPTKG dan BNPB membahas terkait rencana kontijensi Merapi yang sudah dibuat bulan Februari 2020 kemarin.

“Sleman sudah punya rencana kontijensi yang dibuat sebelum wabah Covid-19. Nanti rencana kontijensi tersebut akan dibahas Kembali menyesuaikan protokol Kesehatan Covid-19, seperti misal barak pengungsian yang menerapkan jaga jarak, dan penyebaran pengungsi ke beberapa barak agar tidak terjadi penumpukan,” katanya.

Selain itu, Sri Purnomo juga melaporkan terkait perilaku masyarakat Sleman dalam menghadapi wabah Covid-19. Menurutnya masyarakat Sleman sudah mengikuti arahan dan himbauan pemerintah. Bahkan kesadaran sudah terbentuk dikampung – kampung, yakni inisiatif masyarakat untuk melakukan scaning kepada siapapun yang ingin bertamu.

Pemkab Sleman juga telah melakukan simulasi pembukaan sektor pariwisata yang menerapkan protokol Covid-19 di era new normal. Langkah tersebut diambil untuk menanggulangi perekonomian yang terdampak di Kabupaten Sleman. (*)

BERITA REKOMENDASI