BPBD Siapkan Penampungan Ternak Lereng Merapi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menyiapkan tempat untuk menampung ternak milik warga lereng Merapi yang berada di radius 5 km dari puncak. Harapannya pada saat terjadi erupsi Merapi, ternak warga sudah terevakuasi terlebih dulu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Drs Joko Supriyanto MSi mengaku sedang menyiapkan tempat untuk menampung hewan ternak milik warga. Mengingat dalam status siaga ini, hewan ternak menjadi bagian yang perlu dievakuasi terlebih dahulu.

“Ketika status siaga, sesuai SOP bahwa kelompok rentan dan ternak supaya diungsikan. Harapannya ketika ada peningkatan status maupun erupsi, kelompok rentan dan hewan ternak sudah aman,” kata Joko, Minggu (8/11/2020).

Menurutnya, untuk hewan yang perlu dievakuasi menjadi kebijakan dari para peternak. Mengingat para peternak mengetahui kondisi hewan ternak yang ada. Dimana di lereng Merapi banyak hewan ternak sapi perah.

“Kami kan tidak tahu kondisi ternak milik warga. Misalnya mana ternak sapi perah yang masih produktif menghasilkan susu atau tidak. Jadi kami serahkan masyarakat, ternak mana saja yang dibawa turun. Soalnya ini menyangkut ekonomi masyarakat,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI