BPBD Sleman Siapkan Logistik Bahan Banjiran

SLEMAN, KRJOGJA.com – Diperkirakan bulan Januari 2019 merupakan puncak musim hujan. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman telah menyiapkan logistik bahan banjiran. Selain itu juga menyediakan logistik pangan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan STp MT, mengatakan hujan deras ini diperkirakan sampai Januari 2019. Tentunya ini dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. "Ancaman bencana ini perlu diwaspadai. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya selama musim hujan," harap Makwan, Sabtu (8/12).

Guna mengantisipasi bencana banjir, BPBD telah menyiapkan bahan banjiran yakni bronjong 250 lembar, kantong pasir 4.100, terpal 104 lembar. Selain itu, juga menyediakan logistik pangan sekitar 125 paket. "Bahan banjiran itu baru dari BPBD. Nanti kalau stok habis, masih ada dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman. Sedangkan paket logistik itu berisi mie instan, minyak goreng gula, sarden dan lainnya," terangnya.

Menurutnya, wilayah yang rawan bencana longsor ini berada di Kaliurang, Prambanan dan Seyegan. Pihaknya telah menyiagakan petugas untuk menangani jika sewaktu-waktu terjadi bencana. "Posko dipusatkan di Kantor BPBD dan Pakem. Selain itu setiap kecamatan dan desa ada satu petugas yang siaga. Jika terjadi bencana, petugas akan bergerak," ujarnya.

Adapun guna mengurangi terjadi banjir, masyarakat diimbau mengoptimalkan sumur resapan, biopori dan embung. Diharapkan air hujan tidak langsung melimpas ke jalan dan sungai, namun masuk ke sumur resapan atau biopori. (Sni)

BERITA REKOMENDASI