BPJS Kesehatan Sleman Imbau Waspadai Calo

SLEMAN (KRjogja.com) – BPJS Kesehatan Cabang Sleman pernah mendapatkan keluhan dari masyarakat karena untuk menjadi peserta harus membayar Rp 400 ribu.  Padahal syarat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan tidak dipungut biaya atau gratis.

"Masyarakat dihimbau tidak percaya dengan oknum-oknum tertentu yang menjanjikan bisa membantu membuatkan kartu BPJS Kesehatan. Namun dengan imbalan tertentu. Silahkan datang langsung ke kantor terdekat. Selama persyaratannya lengkap, prosesnya tidak lama. Dan tentunya gratis," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman Janoe Tegoeh Prasetijo kepada KRjogja.com, Senin (25/07/2016).

Hal tersebut untuk menanggapi adanya kasus kartu BPJS Kesehatan palsu di Jawa Barat. Untuk warga Sleman bisa datang di kantor BPJS Kesehatan yang berada di depan RSUD Sleman. Sedangkan warga Kulonprogo dapat mendatangi kantor layanan operasional terdekat. Kebetulan BPJS Kesehatan Cabang Sleman memang membawahi Kabupaten Sleman dan Kulonprogo.

Dijelaskan Janoe, syarat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK) dan foto diri satu lembar. Foto sengaja diminta karena nanti akan diupload di situs BPJS Kesehatan.

"Memang di kartu, tidak ditampilkan foto peserta. Namun untuk saat di cek di website, nanti akan terlihat datanya. Termasuk foto dan nomor kepesertaannya," jelas Janoe.

Meski di Sleman belum ditemukan kasus BPJS Kesehatan palsu. Tapi Janoe pernah mendapat keluhan. Jika ada pihak-pihak tertentu yang bisa membantu membuatkan kartu BPJS Kesehatan. Tapi dengan imbalan yang tidak sedikit.
(Awh)

BERITA REKOMENDASI