BPKB Palsu Untuk Jaminan Pinjaman Bank, Warga Gamping Diamankan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Berbekal BPKB palsu, seorang pria warga Gamping Sleman, DH (30) nekat melakukan penipuan. BPKB Pajero palsu itu, ia jadikan jaminan untuk meminjam uang di sebuah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di kawasan Sinduadi Mlati Sleman.

Aksi DH akhirnya diketahui oleh pihak BPR yang curiga, setelah pelaku tak bisa membayarkan angsuran dari uang pinjaman sebesar Rp 300 juta. Hal tersebut dikatakan Kapolsek Mlati Kompol Hariyanto didampingi Kanit Reskrim Iptu Noor Dwi Cahyanto, Kamis (10/12). Dijelaskan, tersangka meminjam uang Rp 300 juta di BPR dengan jaminan BPKB palsu, Senin (20/10). “Namun ternyata, angsuran tidak dibayarkan sehingga pihak BPR mencari tahu dan mendapati kenyataan jika BPKB Pajero yang dijadikan jaminan palsu. Kepastian itu didapatkan dari hasil analisis petugas Ditlantas Polda DIY,” ungkap Kapolsek.

Setelah mendapatkan laporan, polisi melakukan penyelidikan dan menaikkan kasus itu ke tahap penyidikan. Berbekal informasi dari warga, pelaku berhasil diamankan di sebuah kos kawasan Sinduadi Mlati Sleman. Tersangka DH membenarkan jika BPKP yang dijadikan jaminan itu memang palsu. BPKB itu didapatkan dari seseorang yang kini masih dalam pencarian polisi. Tersangka mengaku nekat melakukan penipuan karena butuh uang untuk bayar utang. Pada saat itu, ia bertemu dengan temannya yang dulu pernah bekerja di BPR, sehingga pelaku mendapatkan ide untuk menjaminkan BPKB palsu.

BERITA REKOMENDASI