Siswa SMPN 1 Turi Berikrar ‘Move On’ Tragedi Susur Sungai Sempor

SLEMAN, KRJOGJA.com – Senin (2/3/2020) menjadi hari terakhir siswa-siswi SMPN 1 Turi menjalani pendampingan psikologis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sisi emosional siswa-siswi terutama kelas 7 dan 8 yang sempat menjadi korban susur sungai kegiatan pramuka pada 21 Februari 2020 lalu dinilai sudah stabil untuk menjalani kegiatan belajar mengajar seperti sebelumnya.

Koordinator Lapanan Tim Prndamping Psikososial UPT Kemendikbud DIY Dr Sarjilah MPd mengungkap selama satu pekan pendampingan, kondisi psikologis siswa kelas 7 dan 8 sudah jauh lebih baik. Sisi emosional mereka terutama yang sempat menjadi korban atau dekat dengan rekan-rekam yang meninggal dunia dinilai sudah jauh lebih stabil.

“Setelah satu pekan melakukan pendampingan, tim kami tarik dan siswa kembali mengikuti KBM. Namun kami masih akan melakukan pemantauan terhadap kondisi psikologis siswa selama mengikuti KBM,” ungkap Sarjilah.

Sementara di hari terakhir pendampingan, siswa bersama bupati dan wakil bupati Sleman mengikuti deklarasi bangkit Move On dari peristiwa memilukan 21 Februari lalu. Bupati Sleman, Sri Purnomo secara langsung memimpin deklarasi yang diikuti dengan flashmob Move On.

“Musibah lalu harus jadi pelajaran, kita tak boleh berlarut dalam duka. Itu tetap diingat namun untuk membuat kita lebih baik kedepan. Kita harus menyongsong masa depan kita, untuk membuktikan anak-anak SMPN 1 Turi luar biasa,” ungkap Sri Purnomo.

Dalam momentum tersebut Bupati Sleman menceritakan kisah Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY yang merupakan alumni SMPN 1 Turi. Cerita sukses tersebut diharapkan jadi inspirasi seluruh siswa untuk bergerak maju dan menjadi insan luar biasa kedepan.

“Dulu Pak Huda ini bersekolah naik sepeda, sekarang jadi wakil ketua DPRD DIY. Kami berharap anak-anak semua terinspirasi untuk bisa berprestasi dan bergerak lebih baik kedepan. Musibah lalu kita tetap akan kenang, namun tak boleh menghalangi kita untuk maju kedepan,” pungkas Sri Purnomo. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI