Bupati Sleman Beri Izin, Pengungsi Glagaharjo Mulai Pulang ke Rumah

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – 187 pengungsi Merapi dari kelompok rentan yang sejak tiga bulan terakhir tinggal di barak Balai Desa Glagaharjo Cangkringan kembali ke rumah masing-masing, Selasa (26/1/2021). Mereka berasal dari Dusun Kalitengah Lor yang berjarak 5 kilometer dari puncak Merapi.

Kepala Desa Glagaharjo, Suroto, mengatakan keputusan pemulangan pengungsi diambil setelah Bupati Sleman menerbitkan surat yang menyatakan pengungsi di barak tersebut diperbolehkan pulang. Seluruh pengungsi dari kelompok rentan lansia, ibu hamil dan menyusui serta anak-anak menghendaki kembali ke rumah.

“Data terakhir ada 187 pengungsi. Tidak ada yang ingin tetap tinggal. Semuanya pulang, menggunakan armada sendiri, ada yang dengan mobil san motor karena memang punya sendiri,” ungkapnya pada wartawan.

Kendati pulang ke rumah masing-masing warga menurut Suroto tetap diminta untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat Merapi masih berstatus ‘Siaga’ atau di level III. Apalagi, hingga kini aktivitas erupsi masih terjadi dengan dominasi lava dan awan panas.

BERITA REKOMENDASI