Bupati Sleman Raih Leadership Award

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dipengujung tahun 2017, Bupati Sleman Drs Sri Purnomo meraih penghargaan Leadership Award 2017, sekaligus meraih Innovative Government Award 2017. Penganugerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Bupati Sleman di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jaya, Senin (18/12/2017) malam.

Sekda Sleman Sumadi SH yang mendampingi Bupati menjelaskan, dalam penilaian Leadership Award, tim penilai dari Kemendagri telah terlebih dahulu melakukan penilaian terhadap kepemimpinan Bupati Sleman pada bulan Oktober 2017. Penilaian dilakukan dengan serangkaian wawancara baik pada jajaran pemerintah maupun tokoh masyarakat.

"Aspek penilaian dalam Leadership Award ini meliputi kepemimpinan birokrasi dengan 5 indikator, yaitu visioner, kapabilitas, akseptabilitas, integritas dan gaya kepemimpinan. Selain itu ada kepemimpinan sosial dengan 6 indikator yang meliputi jujur dan transparan, disiplin, tanggungjawab, toleransi, gotong royong dan santun," jelasnya.

Sedangkan diraihnya IGA 2017, menurut Sekda juga telah melalui serangkaian proses. Proses dimulai dari  penjaringan profil yang dikirim masing-masing daerah ke Kemendagri,  presentasi pada bulan Oktober 2017, yang kemudian ditindaklanjuti dengan  kunjungan lapangan oleh Tim Penilai dari  Badan Litbang  Kemendagri ke sejumlah inovasi Pemkab Sleman pada bulan November lalu.

Sementara itu Bupati Sri Purnomo yang ditemui selepas menerima penghargaan mengucap syukur dan berterimakasih pada seluruh jajaran Pemkab Sleman serta masyarakat Sleman yang telah mendukung diraihnya prestasi ini. Dalam IGA 2017, Sleman mengunggulkan 5 inovasi daerah, yakni Sistem Terintegrasi, Pelayanan Kesehatan Lansia (Tua Keladi), Pengelolaan Sampah Mandiri, TRC Penanggulangan Bencana, dan Tim Penanggulangan Kemiskinan. Kelima inovasi ini selain bisa ditinjau langsung ke lapangan juga bisa dilihat melalui Sleman Smart Room.

Bupati menambahkan, Pemkab Sleman juga berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat. "Jadi tidak hanya pada saat penilaian saja, akan tetapi kinerja harian itu harus tetap kita ukur dengan baik dan terus ditingkatkan," ujarnya.(Has)

BERITA REKOMENDASI