Bupati Sleman Raih Penghargaan Regional Leader Enterpreneur Award 2019

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Di penghujung tahun 2019 ini lagi-lagi Kabupaten Sleman meraih penghargaan. Kali ini dalam ajang Regional Leader Enterpreneur Award 2019, Bupati Sleman Sri Purnomo dianugerahi sebagai Bupati Enterpreneur Award kategori pariwisata dan perdagangan. Penghargaan diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan, Suhajar Diantoro bersama Founder & Chairman MarkPlus, Inc., Hermawan Kertajaya pada  Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun pada acara MarkPlus Conference 2020 di Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta, pada Rabu (4/12) 2019.

Hermawan Kartajaya menjelaskan bahwa Regional Leader Entrepreneur Awards 2019 yang masuk dalam rangkaian event marketing terbesar di Asia sejak 2006. Penghargaan diberikan kepada kepala daerah mulai dari bupati, walikota, dan gubernur dan didukung oleh Asosiasi Pemerintah Seluruh Kabupaten Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), dan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

"Apresiasi ini diberikan kepada kepala-kepala daerah yang memajukan daerahnya lewat tiga karakter yaitu inovasi, kreativitas serta enterpreneurship," ujarnya dalam rilisnya.

Untuk kategori Bupati Enterpreneur Award, penghargaan ini diraih Bupati Sleman bersama 15 Bupati lainnya dari seluruh Indonesia dengan kategori berbeda, yaitu pariwisata, perdagangan, pendidikan, pengentasan kemiskinan dan kesehatan.

Mereka dinilai sebagai pemimpin yang kreatif dalam menghasilkan ide dengan kuantitas banyak, inovatif karena terobosannya solutif, memudahkan, cepat diadopsi dan dirasakan masyarakat. Selain itu para bupati peraih penghargaan tersebut dinilai  berjiwa entrepreneurship karena berpandangan ke depan dan berorientasi perubahan.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun seusai penerimaan penghargaan mengucap syukur atas diraihnya penghargaan ini. Menurutnya Bupati Sleman memang layak mendapatkan penghargaan ini atas kerja keras, kerja  cerdas dan kerja tuntasnya dalam membangun Kabupaten Sleman.

"Kebetulan Pak Sri Purnomo berhalangan hadir karena ada tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan sehingga mewakilkan pada saya untuk menerima penghargaan ini. Kami sangat bersyukur atas capaian ini untuk semakin memotivasi membangun Sleman dengan lebih baik lagi," kata Muslimatun.

Menurutnya, inovasi yg dilakukan Pemkab Sleman dalam bidang perdagangan diantaranya menjembatani para pelaku usaha mikro untuk menjangkau pasar yang lebih dengan slemanmart.id. Sementara itu pada bidang pariwisata, Kabupaten Sleman memiliki agenda tahunan Festival Desa Wisata serta pengelolaan ikon wisata oleh BUMDes.

"Selain itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan kami juga menyelenggarakan  berbagai potensi pertunjukan. Lebih dari dua belas festival seni setiap tahunnya seperti sendratari ramayana, tawur agung dan merti bumi yang menghadirkan lebih dari 800 seniman," tambah Muslimatun.

Turut hadir dalam pemberian penghargaan tersebut yaitu  perwakilan Kemendagri, Direktur Utama BRI Sunarso, ketua dari APKASI, APEKSI, dan APPSI, serta perwakilan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI