Buron Diluar Negeri, Terpidana Kasus Penipuan Dieksekusi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Terpidana kasus penipuan dengan modus mengalihkan jaminan sertifikat, Diniek Anggraini (42) warga Sleman dieksekusi Tim Tangkap Buron (Tabur) Kejati DIY, Rabu (8/7) malam. Selanjutnya terpidana menjalani putusan Pengadilan Tinggi (PT) selama 2 tahun 6 bulan penjara.

Ketua Tim Tabur Kejati DIY Yuana N SH MH menjelaskan, eksekusi ini dilakukan karena memiliki kekuatan hukum tetap. Dalam putusan kasasi, Mahkamah Agung (MA) menolak pengajuan kasasi dari jaksa penuntut umum dan terpidana. “Dengan ditolaknya kasasi itu, terpidana harus menjalani putusan dari PT. Dimana putusan PT menguatkan putusan PN Sleman 2 tahun 6 bulan,” jelas Yuana, Kamis (9/7).

Menurutnya, pada saat akan dilakukan eksekusi, jaksa penuntut umum tidak menemukan terpidana di rumahnya. Bahkan sudah beberapa minggu, rumah terpidana kosong. “Diduga terpidana ini sembunyi di luar kota karena sudah beberapa minggu tidak lapor ke Kejari Sleman. Setelah kemarin kami mendapat informasi bahwa terpidana pulang ke rumahnya, langsung kami eksekusi ke Lapas Perempuan Wirogunan,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI