Buya Syafi’i Jatuh Sakit, Dokter Sarankan Istirahat Total

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii dikabarkan jatuh sakit. Buya dirawat di PKU muhammadiyah Gamping, Sleman.

Asisten pribadi Buya Syafii, Erik Tauvani membenarkan kabar tersebut. Menurutnya Buya masuk di Rumah Sakit karena mengidap penyakit kencing darah. "Iya betul sakit. Buya dirawat di PKU Muhammadiyah Gamping sejak Rabu (24/07/19) siang," kata Erik ketika dihubungi wartawan, Kamis (25/07/2019). 

Menurutnya, Buya menderita penyakit kencing darah. Namun sampai saat ini belum bisa dibenarkan karena masih menunggu hasil diagnosa yang belum keluar, masih dalam cek lap. "Sementara kemungkinan ada batu dikantung kemih. Istilah kedokterannya apa saya kurang tahu itu apa," ucapnya.

Kendati demikian, Kondisinya terbaru Buya sudah lebih baik. Dia juga menyebut, Buya sudah bisa bercanda. Namun harus istirahat total. "Kebetulan saya belum bisa bertemu Buya dua hari ini. Tapi saya dapat kabar, kalau Buya sudah bisa bercanda, sudah sehat, sadar bisa diajak bicara juga. Cuman harus istirahat total," jelasnya.

Erik juga sempat berkomunikasi langsung untuk memastikan kondisi Buya. "Tadi saya bicara sendiri lewat telpon. Buya bilang baik, Buya ndak merasa sakit tetapi kencingnya berdarah," tuturnya.

Sementara itu, Erik mengaku, Buya tidak memiliki riwayat sakit kencing darah sebelumnya. Bahkan untuk menjaga kesehatan diusia Buya yang sudah tidak muda lagi, Buya selalu mengontrol konsumsi gula. Sakit yang biasa dideritannya adalah sakit orang tua. 

"Untuk tindakan selanjutnya seperti apa, kami masih nunggu hasil lab," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI