Camat Gamping ‘Sembelih’ Pengantin Pria

SLEMAN (KRjogja.com) – Hujan yang mengguyur Sleman dan sekitarnya tak menyurutkan niat masyarakat untuk menyaksikan tradisi tahunan, Saparan Bekakak yang berlangsung di Ambarketawang, Gamping, Sleman, Jumat (18/11/2016). 

Warga 'tumplek blek' di sepanjang rute kirab yang dimulai dari Lapangan Ambarketawang melewati Balai Desa – Jalan Wates –  Ring Road Selatan – Jalan Tegalwangi –  Tlogo dan berakhir di petilasan Gunung Gamping, tempat penyembelihan bekakak dilakukan. 

Masyarakat sudah tumpah ruah sejak rombongan kirab dilepas Di Lapangan Ambarketawang dengan lebih dahulu dilakukan pemecahan kendi Tirto Dono Jati dan pelepasan sepasang burung merpati.  Penyembelihan dilakukan oleh Camat Gamping, Priyo Handoyo yang menyembelih pengantin pria. Sedang Kepala Desa Ambarketawang, Sumaryanto menyembelih pengantin wanita disaksikan ribuan masyarakat yang setia menunggu hasil bumi dibagikan.

Rombongan prajurit, gendruwo, andong perangkat desa, bekakak, sesaji hingga kesenian-kesenian yang dimiliki oleh warga menjadi pusat perhatian sekaligus tontonan murah bagi warga yang datang tak hanya dari Sleman, namun hingga Bantul, Kota Yogya bahkan Kulonprogo. (R-6)

BERITA REKOMENDASI