Candi Darling Bikin Sunset di Situs Ratu Boko Semakin ‘Wow’

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ratusan mahasiswa bersama artis Kunto Aji melakukan penanaman pohon di situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Selasa (12/11/2019) siang. Mereka terlibat dalam program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang digagas Bakti Budaya Djarum Foundation sebagai bentuk kepedulian merawat bumi.

 

Situs Ratu Boko selama ini dikenal memiliki eksotisme matahari terbenam (sunset) yang luar biasa. Bahkan, setelah Rangga dan Cinta menghabiskan sore di film Ada Apa Dengan Cinta 2, lokasi ini semakin diburu pelancong khususnya milenial untuk berburu landscape indah dengan latar penuh sejarah di situs Dinasti Syailendra tersebut.

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji mengatakan kali ini ia mengajak ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di DIY untuk turun melakukan penanaman pohon. “Kami ajak generasi milenial untuk melakukan aksi nyata bergerak peduli lingkungan. Kali ini di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo,” ungkapnya di sela penanaman.

Di Ratu Boko, mahasiswa menanam total 1.350 tanaman yang terdiri dari Perdu, Bougenvile, Tanjung, Merak, Soka dan Kepel. Sementara di Candi Ijo, total ditanam 1000 tanaman seperti Soka, Ruellia dan Melati.

Mahasiswa menanam 1350 tanaman dan pohon di Situs Ratu Boko (Harminanto)

General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Ratu Boko, Wiharjanto mengungkap selama ini situs yang memiliki luas 250 ribu meter persegi tersebut kerap berhawa panas ketika siang hari, terlebih karea lokasinya berada di puncak bukit. Meski cukup banyak pepohonan, namun suasana dinilai kurang rindang terlebih saat musim kemarau seperti saat ini.

“Rata-rata memang pengunjung datang saat sore hari berburu sunset, tapi kalau siang hari memang cukup panas meski pepohonan sebenarnya sudah cukup banyak. Adanya aksi teman-teman mahasiswa melakukan penanaman ini sangat kami apresiasi karena menambah rindang dan mempercantik kawasan ini,” ungkapnya.

Sementara penyanyi muda Kunto Aji yang ikut langsung melakukan penanaman mengaku sangat antusias terlibat dalam program merawat kelestarian bumi tersebut. “Ini unik menurut saya, biasanya penghijauan di area gersang tapi ini di lokasi wisata bersejarah. Menarik dan penting sih menurut saya, bagaimana kita merawat peninggalan bersejarah,” lanjut pelantun Rehat tersebut. (Fxh)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI