Capaian Belum Optimal, Komisi D Saran Vaksinasi Lansia Melalui Posyandu

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRjogja.com – Belum optimalnya vaksinasi terhadap lansia, Komisi D DPRD Kabupaten Sleman menyarankan pemerintah melalui dinas kesehatan turun langsung ke kampung-kampung dengan memanfaatkan layanan posyandu lansia. Dengan harapan target vaksinasi bagi lansia bisa tercapai.

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sleman Suryana AMdKes menjelaskan, sekarang ini masih banyak lansia yang belum mendapat vaksin covid-19, terutama di daerah perkampungan. Untuk itu, Komisi D sarankan pemerintah turun langsung ke kampung-kampung.

“Sudah waktunya pemerintah turun ke kampung-kampung. Hal ini untuk memastikan semua masyarakat, khususnya lansia mendapat vaksinasi,” kata Suryana, Senin (27/9).

Alasan turun ke kampung-kampung, menurut Suryana, untuk memudahkan layanan kepada masyarakat yang buta terhadap aplikasi. Mengingat Indonesia melalui dinas kesehatan sudah punya pengalaman mengatasi berbagai penyakit menular dengan baik dan sukses

“Pengalaman itu bisa diterapkan untuk mengatasi wabah covid-19 dengan petugas langsung ke masyarakat. Sehingga masyarakat tinggal datang dengan membawa KTP,” ujar anggota Fraksi Golkar ini.

Dalam program itu, pemerintah daerah melalui tenaga kesehatan bisa memanfaatkan Posyandu lansia dalam pelaksanaan vaksinasi. Mengingat setiap dusun mempunyai jadwal posyandu lansia.

“Jadi nanti lansia tidak perlu berbondong-bondong ke tempat vaksinasi massal. Tapi cukup datang ke posyandu lansia saja. Kalau itu bisa dilaksanakan, kami optimis target lansia bisa tercapai,” pungkasnya. (Sni)

 

BERITA REKOMENDASI