CCTV di Puncak Merapi Pantau Guguran Lava Malam Ini

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi masih terus terjadi. Adanya guguran lava yang menandai proses tersebut kembali terjadi Rabu (19/12/2018) malam pukul 19.02. Dari kamera CCTV dipuncak Merapi terpantau guguran lava pijar kearah bukaan kawah.

Karena kondisi yang berkabut, jarak luncur guguran lava ini tidak terlihat dengan jelas. Kondisi yang sama juga terjadi pada selasa dinihari tadi. Tidak ada peningkatan status dengan fenomena ini, hingga malam ini status Gunung Merapi masih pada tingkat aktifitas Waspada (level 2).

Hal tersebut dibenarkan Kasi Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santosa terkait luncuran lava pijar terjadi dan teramati dari CCTV Balerante. “Benar pagi tadi terjadi kembali luncuran lava pijar yang teramati sekitar pukul 04.08 WIB,” ungkapnya pada KRjogja.com ketika dikonfirmasi Rabu (19/12/2018) pagi. 

Menurut Agus, luncuran lava pijar tersebut hampir sama seperti yang terjadi Minggu (16/12/2018) malam lalu di mana luncuran lava mencapai 300 meter ke arah Kali Gendol. “Hampir sama masih sekitar 300 meter jarak luncurnya. Ini peristiwa biasa dan jarak aman tetap 3 kilometer,” tegasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI