CoE DIY 2021 Pranata Anyar Diluncurkan, Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sandi menyampaikan kehadiran CoE DIY 2021 ini menunjukkan suatu semangat memastikan pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY akan bangkit guna memulihkan perekonomian. Kunci utamanya harus menerapkan clean health safety and environment sustainability (CHSE) sebagai paradigma baru pariwisata. Seperti diketahui, Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas bisa diakses lewat DIY.

“Sukses bagi DIY dalam membuka peluang bagi penyelenggara kegiatan atau event organizer melalui peluncuran CoE 2021, matur nuwun sanget nggih,” ujarnya.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo menyampaikan kehadiran CoE DIY 2021 tidak hanya ingin meningkatkan kunjungan wisatawan dan membranding pariwisata di DIY, namun sekaligus rangka pencapaian visi Pemda DI sebagai pusat pendidikan, budaya dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera pada 2025.

CoE DIY 2021 ini diharapkan dapat mengaungkan informasi sejumlah agenda pariwisata dan budaya di DIY secara lengkap sepanjang 2021, baik acara yang diselenggarakan Dispar, komunitas maupun pihak swasta di wilayah DIY.Memperkenalkan Calendar of Event DIY kepada khalayak luas.

“Informasi penyelenggaraan event yang tersaji lengkap dalam buku kecil CoE 2021 ini, diharapkan menginspirasi calon wisatawan berkunjung maupun sebagai panduan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke DIY sehingga dapat mengatur jadwal liburan dengan lebih baik. Tentu dalam pelaksanaan acara, event akan mengikuti kebijakan dari pemerintah sesuai dengan kondisi di tengah masa pandemi Covid-19,” terangnya.

Jumlah event yang diluncurkan dalam CoE DIY 2021 ini sekitar 71 event dengan rincian 7 sport tourism event, 3 music event, 12 festival event, 26 cultural event, 8 exhibition event, 4 parade event, 6 competition event dan 5 seminar event. Event tersebut dilaksanakan menyebar di Kabupaten/Kota di DIY yang diselenggarakan baik secara offline dan online dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(Ira)

BERITA REKOMENDASI