Daihatsu Taft ‘Pickup’ Milik Nur Hidayat Ditawar Tukar Mobil Baru

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebuah mobil jenis pickup berwarna merah marun terpampang di pintu masuk Lapangan Brahma Kompleks Candi Prambanan, Sabtu (3/8/2019). Mobil tersebut bermerk Daihatsu dengan seri Taft Hiline F70 keluaran tahun 2002.

Bukan tanpa sebab mobil tua tersebut dipasang di lokasi paling depan sehingga menggoda pandangan mata. Betapa tidak, di Yogyakarta, tercatat tak sampai lima unit yang sekarang ini masih mengaspal di jalanan setelah dikeluarkan 17 tahun lalu.

Sang pemilik, Muhammad Nur Hidayat (26) Warga Jalan Kaliurang km 20 Hargobinangun Sleman ternyata butuh perjuangan untuk mendapatkan mobil pick up tersebut. Ia harus terbang jauh ke Palangkaraya Kalimantan Tengah untuk menebus tiga unit mobil yang tahun 2015 lalu dilelang oleh Dinas Kehutanan setempat.

“Dulu dapat lelangan dari Kehutanan Palangkaraya tahun 2015, mobil pemadam kebakaran, dapat tiga unit langsung saya beli semua. Ini saya beli untuk koleksi, dari kecil (SD) ingin beli taft karena dulu lihat tetangga suka offroad pake Taft lalu ingin beli, baru kesampaian 2015 lalu,” ungkapnya ketika berbincang di sela acara Sedulur Daihatsu.

Untuk membawa pulang ke Yogyakarta, Nur mengaku harus menempuh perjalanan satu minggu melalui jalur darat dan laut. “Dari Palangkaraya sampai Banjarmasin saya jalan darat dua hari, lalu 38 jam di kapal laut, sampai Surabaya baru jalan darat lagi sampai Jogja. Total seminggu tapi worth it karena ini impian dari kecil,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :

Saat lelang, Nur mengaku mengeluarkan uang Rp 60-65 juta per unit untuk menebus. Namun, lantaran barang yang cukup langka, mobil yang masih digunakan untuk mobilitas sehari-hari ini sempat ditawar orang hingga beberapa kali.

“Kemarin mau dibeli Rp 140 juta tapi saya belum mau. Kemudian sempat juga mau ditukar Grandmax baru dari diler, tapi saya belum mau, masih cinta karena ini mobil impian saya sejak kecil,” ungkap direktur Internet Service Provider (ISP).

Nur mengaku bertambah percaya diri meski menaiki mobil yang terbilang tua. Kekuatan mobil Taft sendiri diakuinya cukup luar biasa sehingga masih mampu diajak melibas medan offroad.

“Saya pertahankan masih original semua kecuali ban dan velgnya. Masih mumpuni, sering saya bawa offroad masih mantap. Rasanya tambah gagah saja kalau pakai mobil ini,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI