DAK Bidang Pendidikan Naik Rp 1 Miliar

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan dari pemerintah pusat untuk Tahun 2020 akan ada peningkatan sekitar Rp 1 miliar jika dibandingkan tahun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk konstruksi dan pengadaan barang atau alat bagi PAD, SD dan SMP. 

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Sri Adi Marsanto, Rabu (18/12/2019) menjelaskan, DAK bidang pendidikan tahun ini sekitar Rp 9,5 miliar. Kemudian tahun depan akan meningkat menjadi sekitar Rp 10,5 miliar. "Ada peningkatan kurang lebih Rp 1 miliar dari tahun ini. Dana tersebut akan diperuntukkan tiga sub bidang yaitu PAUD, SD dan SMP," jelasnya.  

Dikatakan, sub bidang PAUD akan mendapat dana Rp 300 juta untuk 6 sekolah dengan rincian 3 konstruksi dan 3 pengadaan barang atau alat peraga. Sub bidang SD mendapat alokasi Rp 6,8 miliar. "Totalnya ada 88 SD yang mendapat DAK. Untuk kegiatan konstruksi ada 20 sekolah, sedangkan 68 sekolah pengadaan buku dan peralatan," paparnya. 

Sementara untuk sub bidang SMP mendapat alokasi Rp 3,3 miliar yang diperuntukkan bagi 17 sekolah. Penggunanya 5 sekolah untuk konstruksi dan 12 sekolah peralatan. Penerima DAK ini 'by name' yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Data itu diambil berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) yang diisi oleh masing-masing sekolah. 

"Jadi pemerintah pusat melihatnya dari dapodik untuk menentukan penerima DAK. Jadi kami imbau kepada sekolah untuk terus memperbarui dan mengisi sesuai realita di lapangan," imbaunya.(Sni)

BERITA REKOMENDASI