Dapat UGM Award, Hasto Wardoyo Mengaku Belajar Menghayati Kemiskinan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kepala BKKBN yang juga mantan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mendapat anugerah UGM Award 2019 bersama Prof Murdjiati Gardjito, Kamis (19/12/2019). Keduanya dinilai memiliki peran luar biasa di bidang masing-masing yang lantas membawa pengaruh pada kehidupan masyarakat.

Penghargaan diserahkan langsung Rektor UGM, Prof Panut Mulyono dalam perayaan peringatan Lustrum ke-14, di Grha Sabha Pramana. Hasto dan Murdjiati hadir langsung menerima dan mendapatkan apresiasi dari ribuan sivitas akademika yang hadir di lokasi tersebut.

Kepada wartawan, Hasto Wardoyo mengaku cukup kaget mendapat UGM Award 2019 yang menurut dia baru diberitahukan seminggu lalu. Namun begitu Hasto mengaku sangat berterimakasih atas apresiasi luar biasa atas kinerjanya selama ini.

“Penghargaan ini tampaknya karena kinerja saya sebagai Bupati Kulon Progo lalu. Saya sangat berterimakasih dan penghargaan ini saya persembahkan untuk almarhum ayah ibu saya,” ungkap Hasto.

Di Kulon Progo, Hasto mengungkap bahwa ia mempelajari banyak hal tentang kehidupan dari masyarakat. Ia mengaku menghayati kemiskinan dan menerapkannya untuk mengurai permasalahan masyarakat Kulon Progo.

“Saya belajar dari masyarakat Kulon Progo, bagaimana gotong royong, bela beli Kulon Progo juga bisa dilakukan, mengatasi kemiskinan dengan gotong royong. Kemiskinan bisa dieliminir oleh masyarakat miskin sendiri, dan ini semua masyarakat Kulon Progo yang menginspirasi,” sambung dia.

Hasto juga berterimakasih pada UGM yang diakui mengajarkan kesederhanaan dalam kehidupan. Demikian juga Sri Sultan HB X yang menurut dia selalu membimbing dalam memimpin Kulon Progo.

“Sultan juga membimbing kami bagaimana saat memimipin Kulon Progo, lalu UGM juga mengajarkan ilmu kesederhanaan bahwa selera tak harus tinggi. Lulusan UGM itu dikenal manut ditempatkan di mana saja, tidak protesan. Saya sangat berterimakasih dapat penghargaan, yang membentuk jiwa saya salah satunya UGM,” pungkas Hasto. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI