Dekranasda Sleman Siapkan Regenerasi Perajin yang Unggul Melalui Workshop

Editor: Ivan Aditya

PADA tahun 2020, pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia dan memberikan banyak perubahan sekaligus hikmah dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Di sektor ekonomi kreatif, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dipaksa untuk bisa menyesuaikan diri dengan pola-pola Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) baik untuk sekedar eksis maupun untuk pengembangan usaha.

Instansi-instansi pembina terkait tentunya juga harus menyesuaikan diri dengan semua perubahan yang ada sehingga tetap dapat berperan optimal untuk memajukan dan mensejahterakan UMKM. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu bagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman untuk belajar dan berkembang lebih maju dan lebih baik sehingga berperan optimal bagi UMKM di sektor industri, khususnya perajin di wilayah Kabupaten Sleman.

Sesuai dengan yang tertuang pada Buku Anggaran Dasar (AD) Anggaran Rumah Tangga (ART) yang ditetapkan pada tanggal 4 Juni 2015, Dekranasda Kabupaten Sleman berupaya melaksanakan program/kegiatan yang mewujudkan visi misi Dekranas (Pusat). Perubahan AD-ART yang ditetapkan pada tanggal 19 Agustus 2020 yang lalu dimana salah satunya berupa penambahan misi Dekranas juga menguatkan bahwa kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Dekranasda Kabupaten Sleman sebelumnya sangat jelas mendukung misi-misi tersebut.

Seluruh kegiatan yang dilakukan Dekranasda kabupaten Sleman selama ini berangkat dari masukan perajin Sleman maupun mitra-mitra terkait yang pada awalnya digali melalui Forum Komunikasi Industri Kerajinan Dekranasda Kabupaten Sleman. Pada tahun ini dan ke depannya, forum komunikasi industri kerajinan dioptimalkan dalam bentuk workshop yang sesuai kebutuhan peserta yang dapat menunjukkan progress nyata setelah menerapkan pembekalan dari workshop.

Selama perjalanan Dekranasda Kabupaten Sleman, Forum Komunikasi Industri Kerajinan Dekranasda Kabupaten Sleman menjadi ajang/wadah untuk mendiskusikan dan menemukan titik temu pemecahan masalah/kendala yang dialami perajin industri kecil Sleman. Pada tahun 2019 yang lalu, kegiatan Forum Komunikasi Industri Kerajinan Dekranasda Kabupaten Sleman yang dilaksanakan bulan November membahas pengembangan produk dan pemasaran yang ditindaklanjuti Pemerintah daerah Kabupaten Sleman, dengan kegiatan sosialisasi pemberdayaan produk IKM Sleman di bulan Desember 2019, yang langsung mempertemukan perajin dengan pelaku usaha hotel dan restoran di wilayah Kabupaten Sleman sehingga tercipta sinergi kemitraan dan kerja sama yang lebih optimal.

Perajin yang berpotensi dapat langsung menawarkan produknya ke pihak hotel dan hotel dapat menawarkan kerjasama kedua belah pihak, tentunya dengan target saling menguntungkan. Pada tahun ini, Workshop Forum Komunikasi Industri Kerajinan Dekranasda Kabupaten Sleman diselenggarakan dengan tema Young Entrepreneus Go National, yang diselenggarakan selama 3 hari, 27 Oktober 2020 serta 9-10 November 2020 sebagai upaya mewujudkan misi DewanKerajinanNasional yaitu tidak hanya meningkatkan daya saing produk,menyiapkan regenerasi sumber daya manusia / perajin yang unggul, tetapi juga sekaligus mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan Sleman.

Penggalian masalah yang dihadapi peserta dari pelaku usaha industri kecil muda didampingi narasumber yang berkompeten untuk solusinya. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program Dekranasda Kabupaten Sleman yang dapat diakses masyarakat pelaku Industri Kecil menengah (IKM) / perajin, yaitu pelaku UMKM di sektor industri, Sleman yang tentu diharapkan masukan dan partisipasinya.

Memasuki akhir tahun 2020, Dekranasda Kabupaten Sleman semakin siap untuk hadir sebagai organisasi nirlaba di tingkat daerah yang bisa mengantarkan masyarakat Sleman, khususnya pelaku IKM Sleman, untuk lebih maju dan berkembang. Selain pembinaan dalam bentuk worskhop, pendampingan promosi melalui pameran juga menjadi program/kegiatan yang selalu dilakukan Dekranasda Kabupaten Sleman. Hal ini tentunya dilakukan dengan kemitraan/kerjasama dengan berbagai pihak.

Keberadaan Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman, di Jl. Magelang Bangunrejo Tridadi Sleman, tentunya sangat menjadi angin segar bagi penguatan pembinaan perajin Sleman untuk jangka panjang. Menuju tahun 2021, Dekranasda Kabupaten Sleman menyambut dengan gembira berbagai masukan dan saran dari perajin Sleman maupun mitra dan calon mitra yang berkomitmen untuk mensejahterakan perajin/IKM Sleman. Saran dan masukan dapat disampaikan melalui petugas di Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman maupun melalui surel dekranasdakabsleman@gmail.com. (*)

BERITA REKOMENDASI