Delapan Hari Operasi, Seribu Surat Tilang Dikeluarkan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Jajaran Lalu-Lintas Polres Sleman ternyata telah mengeluarkan lebih dari 1.000 surat tilang sepanjang Operasi Zebra Progo 2016 terhitung 16-23 November. Pengendara yang terpaksa dikenai tilang didominasi tak lengkapnya surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

Kasub Satgas Ketertiban Operasi Zebra Progo Polres Sleman, Ipda Riki Heriyanto mengatakan 80 persen dari operasi Zebra Progo 2016 merupakan penindakan jadi tak heran bila jumlah surat tilang yang dikeluarkan lebih dari 1.000 lembar. Namun demikian, pihak kepolisian tetap memberikan beberapa teguran lisan dan tertulis pada pengendara yang dirasa tak melakukan pelanggaran berat.

"Total untuk surat tilang kita sudah keluarkan sekitar 1200-an hingga hari kedelapan ini dan sebagian besar pelanggarannya karena tak melengkapi diri dengan surat-surat seperti SIM dan STNK. Kami tetap lakukan penindakan agar muncul kesadaran masyarakat untuk melengkapi diri dengan syarat-syarat berkendara agar tercipta keamanan terutama jelang Natal dan Tahun Baru," unkapnya disela operasi di kawasan Babarsari, Depok, Sleman, Rabu (23/11/2016).

Nantinya para pelanggar akan diminta untuk mengikuti sidang di pengadilan pada hari yang sudah ditentukan. "Kalau bersama kejaksaan dan pengadilan kami bisa lakukan sidang ditempat, tapi jika tidak nanti masyarakat bisa melaksanakan sidang di Pengadilan Negeri Sleman di waktu yang sudah ditentukan, nanti hakim yang akan memutuskan besaran denda yang dibayar," imbuhnya.

Operasi Zebra Progo 2016 sendiri masih akan terus berlanjut hingga 29 November mendatang. Beberapa lokasi rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu-lintas di wilayah Sleman akan menjadi sasaran utama dalam enam hari kedepan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI