Demi Kelancaran Proses Belajar Mengajar, Bu Tiwi Rela Antar Jemput Soal Ke Rumah Siswa

PERJUANGAN seorang guru pada masa pandemi dilakukan oleh Pratiwi Dyah Indari SPd Guru Kelas 4 SD Negeri Nolobangsan Kompleks Polri Gowok Caturtunggal Depok Sleman. Bu Tiwi, begitu sapaannya saat berada di sekolah, rela antar jemput soal ke rumah siswa yang diajarnya saat masa pandemi.

Pada masa pengajaran lalu, cara jemput bola soal kepada sejumlah siswanya tersebut dilakukan untuk tetap lancarnya proses belajar mengajar. Awalnya, selama pembelajaran daring ini masih ada orangtua siswa yang telepon selulernya belum berbasis android sehingga tak bisa menunjang pembelajaran daring. Inilah yang menjadikan guru muda ini lebih memilih jemput bola ke rumah siswa demi agar mereka tetap bisa mengikuti pembelajaran selama pandemi.

Menurut Tiwi, terdapat orangtua siswa yang mengaku terkendala dengan telepon selulernya hingga menyebabkan proses pengajaran menjadi tidak lancar. Mulai dari masalah pengiriman hasil foto atau video jawaban soal yang tak jelas dan ngeblur, sampai ke masalah teknis lainnya. “Ada orangtua siswa yang mengakui telepon seluler mereka jadul, sehingga kendala ini menyebabkan saya turut terkendala saat mengoreksi soalnya,” ungkap Tiwi.

“Karena itulah daripada saya susah ngoreksi, akhirnya ngalahi antar jemput soal ke rumah siswa ini,” sebut Tiwi. “Pertama untuk mengantarkan soal yang harus mereka kerjakan, lalu kembali mengambilnya untuk saya nilai,” sebutnya.

BERITA REKOMENDASI