Dewan Sleman Dorong Terbitnya Protokol Kesehatan Obwis

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Komisi B DPRD Sleman mendorong eksekutif menerbitkan regulasi terkait protokol kesehatan di objek wisata (obwis). Dengan harapan pariwisata di Sleman kembali tumbuh.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sleman Nurhidayat mengatakan, Gubernur DIY telah mempersilakan tempat-tempat wisata dibuka kembali. Hal itu akan memberikan harapan baru bagi pelaku wisata untuk kembali tumbuh pada masa normal baru.

”Untuk menghindari penyebaran virus Korona, Komisi B mendorong kepada eksekutif membuat regulasi protokol kesehatan di obwis. Regulasi itu nantinya supaya menjadi petunjuk teknis para pelaku pariwisata di Kabupaten Sleman pada era normal baru. Regulasi itu bisa berbentuk peraturan bupati (perbup), menyesuaikan dengan kondisi obwis di Sleman,” ujar Nurhidayat.

Menurutnya, kemarin Komisi B telah mengecek kesiapan tempat wisata di Sleman dalam menyambut normal baru. Sejauh ini beberapa tempat wisata telah menyiapkan tempat cuci tangan, physical distancing di pembelian tiket dan lainnya.

”Kami kemarin telah mengecek tempat wisata di Breksi dan Candi Ijo. Sarana dan prasarana protokol kesehatan sudah disiapkan,” tambahnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata Sleman Dra Sudarningsih MSi mengaku telah menyusun draf perbup untuk protokol kesehatan di obwis. Nantinya perbup itu sebagai petunjuk teknis penerapan protokol kesehatan di obwis.

”Draf sudah kami susun. Dalam waktu dekat segera kami terbitkan supaya nanti jadi acuan pelaku wisata untuk menerapkan protokol kesehatan pada era normal baru,” tandasnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI