Dibutuhkan Dua Orang, 33 Peserta Ikuti Seleksi Tulis Anggota Bawaslu DIY

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 33 peserta mengikuti ujian tulis penambahan calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY. Seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) tersebut berlangsung di SMKN 2 Depok Sleman, Minggu (20/5).

Ketua Tim Seleksi penambahan calon anggota Bawaslu DIY Endang Windatiningsih mengatakan, secara keseluruhan ada 58 pendaftar yang masuk. Semua itu lalu diseleksi dan ternyata ada yang usianya kurang dari batas minimal, berkasnya tidak lengkah serta penelitian riwayat hidup (CV). Jenjang pendidikan serta pengalaman menjadi penyelenggara Pemilu ikut menentukan apakah mereka lolos ke tahap tulis atau tidak.

 "Pendaftar ada yang saat ini masih tercatat aktif sebaagai Komisioner KPU, Panwaslu hingga Panwascam. Pengalaman sebagai penyelenggara itu menjadi nilai tambahan dari mereka," katanya disela-sela seleksi tulis.

 Hasil dari tes tulis tersebut dapat langsung diketahui saat itu juga dan pointnya 60 persen dari total. Sedangkan yan 40 persen berdasarkan hasil tes psikologi yang akan diselenggarakan selama tiga hari, Senin-Rabu (21-23/5).  Nantinya mereka yang menduduki peringkat 1-20 akan mengikuti seleksi wawancara dan kesehatan. Lalu diambil empat nama yang dikirim ke Bawaslu untuk menjalani fit and proper test  dan dipilih dua nama. (Awh)

 

BERITA REKOMENDASI