Didominasi Angin Timuran, DIY Berpotensi Turun Hujan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Sleman Yogyakarta menjelaskan, saat ini kondisi angin di atas Pulau Jawa didominasi angin timuran. Indeks El-Nino Southern Oscilation (ENSO) saat ini masih netral dan diprakirakan masih akan berlangsung hingga September 2021.

Sedangkan untuk Indeks IOD masih dalam kisaran negatif yang berdampak pada penambahan suplai uap air. Untuk konsisi anomali suhu muka laut di sekitar perairan selatan DlY masih hangat +1.5 s/d +2.5 derajat Celcius dibandingkan dengan normalnya dengan suhu berkisar 28 – 29 derajat Celcius yang berpotensi untuk terbentuk nya awan-awan hujan. Sementara untuk Madden-Julian Oscilation (MJO) diprediksi aktif di belahan bumi bagian timur.

“Berdasarkan analisis dinamika atmosfer-laut dan prakiraan curah hujan bulanan, di wilayah DIY dan sekitarnya pada Agustus ini akan turun hujan intensitas rendah, berkisar 0-50 mm perbulan dengan sifat hujan pada umumnya diperkirakan atas normal,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta Reni Kraningtyas, Selasa (3/8/2021).

BERITA REKOMENDASI