Diduga Suspect Difteri, Pelajar Sleman Dinyatakan Negatif

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Seorang pelajar berusia 14 tahun di wilayah Sleman asal Batang Jawa Tengah yang sempat diduga suspect penyakit difteri akhirnya dinyatakan negatif. Meski sempat diisolasi di RSUP Dr Sardjito selama empat hari namun hasil laboratorium menyatakan pelajar tersebut tak terkena penyakit yang mulai banyak muncul di berbagai wilayah Indonesia beberapa waktu terakhir.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Sardjito, Trisno Heru Nugroho mengatakan pasien tersebut memang sempat dilakukan isolasi sesuai prosedur medis saat muncul dugaan penyakit difteri. Namun, setelah dilakukan cek laboratorium ternyata pasien negatif difteri.

“Pasien kemarin memang sempat diisolasi 4 hari di rumah sakit (Sardjito), sembari dilakukan cek laborat sesuai prosedur medis. Hasilnya juga sudah keluar dan diketahui negatif,” ungkapnya di rumah sakit setempat, Selasa (12/12/2017).

Trisno Heru mengungkap, pasien tersebut masuk ke RSUP Dr Sardjito pekan lalu dengan ciri-ciri seperti orang yang diduga terjangkit penyakit difteri. “Memang gejalanya mirip, seperti muncul selaput putih di bagian mulut dan tenggorokannya. Hasil pemeriksaan lanjutan ada infeksi tenggorokan meski saat masuk pertama gejala klinisnya mirip sekali terjangkit difteri, Senin (11/12/2017) kemarin sudah boleh pulang,” sambungnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI