Dies Natalis ke-49 ITNY, Realisasikan Kampus Technopreneur Unggul

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dies Natalis ke-49 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) memilih tema Technopreneur Unggul melalui Kolaborasi dalam Semangat Merdeka Belajar.

“ITNY berusaha keras merealisasikan atau mewujudkan seperti tema Dies Natalis kali ini dengan cara kerja keras, kerja cerdas dan berkolaborasi untuk mencapai lompatan kemajuan. ITNY jadi kampus technopreneur yang unggul," kata Rektor Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Dr Ir Ircham MT dalam sambutan secara daring – luring Dies Natalis ke-49 ITNY sekaligus pemaparan Kinerja tahun 2021 di kampus Babarsari, Sleman, Jumat (26/02/2022).

Sebelumnya disampaikan oleh Marwanto ST MT selaku Ketua Pelaksana Dies Natalis, Ir H Supatno selaku Ketua Pengurus YPTN. Dalam kesempatan tersebut dilakukan Pemberian Penghargaan kepada Karyawan Pendidik dan Kependidikan Terbaik mengabdi selama 25 tahun serta Mahasiswa Terbaik 2021. Dies kali ini memilih tema Dies Natalis ke-49 yakni Technopreneur Unggul melalui Kolaborasi dalam Semangat Merdeka Belajar .

Menurut Ircham, menjadi kampus techopreneur yang unggul harus melakukan sinergi dari semua pihak, merealisasikan Tridarma Perguruan Tinggi, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dijelaskan Ircham, khususnua perkembangan jumlah mitra tahun 2021, penambahan jumlah kerja sama dengan mitra dari dunia pendidikan, PTS dengan satuan pendidikan menengah (SMA/SMK).

Dalam laporan tahunan, disampaikan banyak hal, bidang akademik, akreditasi, rasio dosen-mahasiswa, implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, capaian kinerja penelitian, pendanaan penelitian, capaian kinerja Abdimas, perolehan hibah, pengembangan e-learning, penjaminan mutu dan banyak hal lain.

Sebelumnya Supatno dalam sambutan antara lain mengatakan, Dies Natalis ke-49 bagi perguruan tinggi merupakan era emas. “Ibarat emas murni yang bersinar dan berkilauan saat keluar dari proses pemurnian,” katanya.

Diingatkan, sekarang ini era disrupsi itu artinya perubahan berlangsung sangat cepat. Bahkan banyak yang tidak terbayangkan bisa terjadi. Cara yang bisa dilakukan PT adaptatif teknologi, harus bekerja keras, kerja cerdas dan terus berkolaborasi demi kemajuan dan keunggulan. “ITNY jadi kampus technopreneur yang benar-benar unggul,” harapnya. (Jay).

BERITA REKOMENDASI