Dies Natalus USD, Ciptakan Pembelajaran Perguruan Tinggi yang Efektif di Masa Depan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dalam rangka Dies Natalis ke-65 Universitas Sanata Dharma mengadakan webinar bertema ‘Pandemi dan Pendidikan Tinggi Masa Depan’, Rabu (16/12). Dalam webinar kali ini ada dua pembicara yakni Dr Alex Rayon Jerez dari University of Deusto, Spanyol dan Paulus Kuswandono, PhD dari Universitas Sanata Dharma.

Rektor Universitas Sanata Dharma Johanes Eka Priyatma MSc PhD mengatakan, perayaan Dies Natalis ke-65 ini memang berlangsung unik tetapi keunikan ini bukan karena adanya pandemi. Tapi karena tema yang sebelumnya sudah disiapkan sebenarnya tidak terkait pandemi justru menemukan momentum di kala pandemi berlangsung hingga saat ini.

Menurut Eka, secara umum melalui kegiatan webinar ingin membahas cara pendidikan tinggi hadir di tengah masyarakat khususnya di masa depan. Masalah ini, lanjut Eka, sudah banyak dibahas berlangsung sejak 5 tahun belakangan ini melalui berbagai topik. “Namun demikian dunia pendidikan tinggi ke depan itu kita pahami akan mewujud dan berlangsung dalam proses yang bersifat secara alami. Gradual atau sedikit demi seturut dengan kesiapan semua pihak yang mengelola,” terang Johanes Eka Priyatma MSc PhD saat membuka acara webinar.

Eka menerangkan, banyak orang beranggapan dunia pendidikan mengalami perubahan yant sangat lama. Bahkan dalam berbagai kesempatan sering mendapat label dunia pendidikan yang paling lambat berubah. Namun sejak adanya pandemi, sementara layanan pendidikan harus berlangsung dan USD bisa mengatasi dan menyelenggarakan lewat bantuan informasi teknologi. “Peristiwa ini membawa pemahamanan bahwa perguruan tinggi menjadi salah satu instansi yang siap menghadapi pandemi. Keberadaan teknologi bukan hanya ikut membanti mengatasi pandemi tapi juga membawa kesadaran dan pemahaman baru tentang perguruan tinggi seperti apa yang optimal kinerjanya di masa mendatang,” tegas Eka.

BERITA REKOMENDASI