Dikira Bunga Bangkai, Suweg Hebohkan Warga Maguwoharjo

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga net khususnya yang ada di Yogyakarta sehari terakhir dikejutkan dengan kemunculan bunga menyerupai Bunga Bangkai di tepi Selokan Mataram tepatnya di Dusun Sanggrahan, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman. Bunga berwarna merah yang mekar tepat di tepian selokan tersebut ternyata mengundang perhatian warga hingga akhirnya polisi memasang garis agar keberadaannya tak diganggu. 

Namun, setelah dicermati ternyata bunga menyerupai Bunga Bangkai tersebut adalah jenis bunga umbi Suweg yang memang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Salah satu warga setempat, Zaenal kepada wartawan Jumat (29/9/2017) mengungkap ada tiga Suweg yang tumbuh di sisi Selatan Jalan Selokan Mataram.

"Memang sebenarnya ada tiga yang sengaja ditanam oleh simbah, beberapa waktu lalu. Kalau saya menyebutnya Walur, tapi ada juga yang bilang Suweg, ada juga yang menyebut Bunga Bangkai ," ungkapnya. 

Awalnya menurut Zaenal, tanaman jenis umbi tersebut ditanam di pinggir sawah tak jauh dari lokasi, namun karena takut terkena cangkul maka kemudian dipindahkan di tepi selokan. Dari tiga yang ditanam, satu Suweg sudah dalam kondisi mekar sementara dua lainya masih kecil.

“Empat hari ini yang sudah mekar baru satu, lainya masih kecil. Sebenarnya di pekarangan rumah paklik saya juga banyak," sambungnya. 

Sementara Heri salah satu pemilik warung yang berada tak jauh dari lokasi Suweg menyampaikan sudah selama beberapa hari ini banyak warga yang datang untuk melihat. “Setiap hari banyak yang datang melihat, terus foto juga," sambungnya. 

Berdasarkan penelusuran KRjogja.com, Suweg atau Amorphophallus paeoniifolius memang masih merupakan kerabat Bunga Bangkai. Dalam bentuk umbi batang, Suweg sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan pengganti nasi. 

Memang ketika baru mekar, bunga Suweg berbau menyerupai bangkai sehingga sering dikaitkan dengan Bunga Bangkai. Namun ketika telah mekar maka bunga ini tampak indah dengan warna merah. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI