Dinkes Sleman Rapid Test Relawan Pengungsian Merapi

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk memastikan kondisi para relawan sehat dan terbebas dari virus korona, Dinas Kesehatan Sleman melakukan uji rapid test, Senin (9/11). Uji rapid test ini dilakukan terhadap para relawan yang bertugas di barak pengungsian Banjarsari Glagaharjo Cangkringan. Ditargetkan ada 60 orang relawan yang mengikuti rapid test kali ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman Novita Krisnaeni menerangkan, relawan yang bertugas di barak pengungsian mengikuti rapid test dengan harapan tidak ada klaster Covid-19 di pengungsian. Apalagi Glagaharjo termasuk zona hijau yang tidak ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pengungsinya mudah-mudahan bersih karena Glagaharjo termasuk zona hijau, tidak ada kasus. Harapannya yang dari luar ini (para relawan) juga bebas dari virus korona sehingga tidak menularkan ke pengungsi,” kata Novita saat ditemui di Barak Banjarsari Senin (9/11).

Jika ada yang hasilnya reaktif, lanjut Novita, dilanjutkan dengan pemeriksaan swab. Dengan pemeriksaan rapid test ini, Dinkes Sleman ingin memastikan orang yang datang benar-benar bersih Covid-19. Jangan sampai menularkan virus ke pengungsi yang sebelumnya berasal dari zona hijau. “Kalau ada pergantian relawan ya harapannya kami rapid dulu,” tandas Novita.

BERITA REKOMENDASI