Diperbaiki, Saluran Van Der Wijck Dimatikan 15 Hari

SLEMAN, KRJOGJA.com – Saluran irigasi Van Der Wijck dimatikan selama 15 hari oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM) DIY. Kebijakan ini berlaku sejak 4 hingga 18 Oktober mendatang. Selama ditutup, akan dilakukan pemeliharaan jaringan di sejumlah titik saluran.

Kepala DPUP ESDM DI Yogyakarta, Hananto menjelaskan, selama dilakukan pemeliharaan, ia memastikan tidak akan berpengaruh terhadap kegiatan pertanian. Selain itu pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait. “Kami sudah berkoordinasi dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), sehingga hal ini tidak akan berpengaruh terhadap kegiatan pertanian karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan petani akan air,” terang Hananto, Selasa (6/10).

Menurut Hananto, pemeliharaan saluran ini sudah disesuaikan dan disepakati sebelumnya. Para petani pun juga sudah mengetahui kapan waktu tanam dan juga sudah disesuaikan dengan jadwal pemeliharaan tersebut. “Petani sudah tahu kapan mereka harus tanam dan sebagainya. Langkah ini juga disesuaikan dengan jadwal pemeliharaan jaringan yang sudah disepakati,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI