Diresnarkoba Polda DIY Canangkan Kampung Tangguh Antinarkoba

SLEMAN, KRJOGJA.com – Padukuhan Panggungsari, Sariharjo Ngaglik Sleman menjadi pilot projek Kampung Tangguh Progo Anti Narkoba. Pencanangan dilakukan Selasa (29/6/2021) di Padukuhan setempat oleh Direktur Reserse Narkoba Polda DIY Kombes Pol Ary Satriyan SIK.

Kombes Ary didampingi Wakil Diresnarkoba AKBP Bakti Andriyono menjelaskan, pencanangan kampung tangguh sebagai salah satu upaya perang terhadap narkoba. “Dengan pencanangan kampung tangguh antinarkoba ini, diharapkan punya daya cegah dan tangkal terhadap peredaran gelap narkoba. Upaya pemberantasan narkoba bisa dimulai dari lingkungan terkecil di kampung,” jelas Kombes Ary.

Meskipun di tengah pandemi, menurut Kombes Ary, sebagai kota pelajar dan kota budaya sekaligus tujuan wisata, wilayah DIY rentan sebagai sasaran penyalahgunaan narkoba. Hal itu ditengarai dari peningkatan kasus narkoba dari tahun ke tahun, sehingga perlu penanganan dan kesadaran yang serius dari berbagai kalangan. “Polri bersama BNN selama ini sudah berupaya sedemikian rupa dalam memberantas narkoba. Pengungkapan sejumlah kasus narkoba, merupakan prestasi yang membanggakan bagi kita semua dalam penanganan tindak kejahatan narkoba,” pungkasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE mendukung pencanangan Kampung Tangguh Progo Anti Narkoba. Keberadaan Kampung Tangguh, diharapkan dapat berkelanjutan dan semakin banyak di wilayah kabupaten Sleman. Dengan pertimbangan, wilayah Sleman banyak permukiman, rumah kos, homestay, kafe, restoran dan apartemen serta berdekatan dengan hotel, kampus dan tempat hiburan.

Dengan adanya Kampung Tangguh, diharapkan memiliki daya cegah dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkoba. Acara juga dibarengi dengan deklarasi antinarkoba yang mempunyai makna sebagai pernyataan perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.(Ayu)

 

BERITA REKOMENDASI