Disbud Sleman Adakan Live Streaming Festival Sendratari

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Kebudayaan Sleman menggelar Festival Sendratri 2020, Senin, 14 September 2020 di Gedung Kesenian Sleman. Acara dilaksanakan menggunakan live streaming You Tube Dinas Kebudayaan Sleman, diikuti oleh 6 Sanggar yakni Sanggar Tari Larassanti, Jowahan Sumberagung Moyudan, Padepokan Sekar Djagad, Mutihan Madurejo Prambanan, Sanggar Tari Kembang Sakura, Mesan Sinduadi Mlati, Sanggar Tari Sekar Jaya Shree, Balangan Wukirsari Cangkringan, Sanggar Seni Cindhe Wulung Kedung Sembungan Wukirsari Cangkringan, Sanggar Cikrak Kina Jogja, Plembangan Jogotirto Berbah.

Menurut Aji Wulantoro, SH. Kepala Dinas Kebudayaan Sleman kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan dana keistimewaan DIY, untuk menumbuh kembangkan seni budaya dan memberikan hiburan kepada masyarakat melalui You Tube Dinas Kebudayaan Sleman, agar masyarakat tidak jenuh di rumah di masa pandemi Covid-19 yang masih dirasakan sampai saat ini. Penyelenggaraan Festival ini menjadi bagian dari upaya untuk melestarikan budaya di Sleman karena Sleman mempunyai banyak sanggar tari. Sehingga kegiatan ini menjadi ajang bagaimana supaya sanggar tari di Sleman bisa tetap eksis. Di samping itu festival ini untuk mempersiapan pelaksanaan di Festival Sendratari di tingkat DIY.

Setelah dilakukan penilaian oleh Dewan Juri maka keluar sebagai Juara 1 sanggar Sekar Jagad mutihan Madurejo prambanan, Juara 2 sanggar tari Kembang Sakura Mesan Sinduadi Mlati Sleman. Juara 3 Sanggar Cikrak Kina Plembangan Jogotirto Berbah. Selanjutnya juara 1 akan dikirim mewakili Kontingen Sleman untuk tampil dalam Festival Sendratari tingkat DIY. (*)

BERITA REKOMENDASI